Jenis Minyak yang Disebut Lebih Sehat dan Bikin Panjang Umur

tim | CNN Indonesia
Selasa, 18 Jan 2022 06:50 WIB
Terdapat jenis minyak yang disebut baik untuk kesehatan tubuh dan membantu umur lebih panjang. Apa saja? Terdapat jenis minyak yang disebut baik untuk kesehatan tubuh dan membantu umur lebih panjang. Apa saja? (Stevepb/Pixabay)
Jakarta, CNN Indonesia --

Apa yang Anda konsumsi memengaruhi kesehatan tubuh. Makanan bahkan disebut bisa memperpanjang atau memperpendek usia, tergantung bagaimana pola makan Anda.

Ada lima wilayah di dunia yang juga dikenal sebagai zona biru dengan rata-rata penduduknya memiliki usia hampir mendekati 100 tahun. Tak hanya panjang umur, orang-orang yang hidup di wilayah ini juga sehat secara fisik.

Sebagaimana dilansir Well And Good, lima wilayah itu adalah Okinawa di Jepang, Sardinia di Italia, Loma Linda di California, Ikaria di Yunani dan Nicoya di Kosta Rika.


Ahli nutrisi yang dijuluki The Nutrition Twins Lyssie Lakatos, dan Tammy Lakatos Shames menyebut, masyarakat di lima daerah ini sebagian besar menerapkan pola makan nabati, serta mencoba tetap terhubung dengan keluarga dan berpikir positif.

Penggunaan minyak goreng jadi kunci

Tak hanya selalu berpikir positif, penggunaan minyak goreng juga memengaruhi bagaimana seseorang bisa hidup sehat dan berumur panjang. Minyak paling umum yang digunakan adalah minyak yang diklaim sehat dan kaya akan vitamin.

Berikut dua jenis minyak goreng sehat yang diklaim bisa memperpanjang usia dan banyak dikonsumsi oleh orang yang tinggal di lima wilayah zona biru.

1. Minyak zaitun

Minyak zaitun kaya akan asam lemak omega-3 yang bagus untuk kesehatan jantung. Selain penuh dengan lemak bermanfaat, minyak zaitun juga merupakan sumber antioksidan yang baik.

Menurut Healthline, minyak zaitun terbuat dari buah zaitun yang diperas. Banyak varietas yang tersedia, termasuk minyak zaitun murni, extra virgin, atau virgin.

Minyak zaitun virgin dan extra virgin diekstraksi melalui pengepresan dingin. Minyak zaitun berlabel "minyak zaitun" atau "murni" mengandung campuran minyak dingin dan minyak sulingan yang telah diekstraksi melalui bahan kimia atau panas.

Minyak zaitun telah sekian lama disebut-sebut memiliki manfaat yang banyak untuk kesehatan, termasuk penurunan risiko jenis kanker tertentu dan peningkatan kadar kolesterol dan gula darah.

2. Minyak alpukat

Minyak alpukat diperas dari buah alpukat yang mengandung sekitar 60 persen minyak. Banyak penelitian telah menghubungkan minyak alpukat dengan manfaat kesehatan yang kuat, termasuk penurunan kadar kolesterol LDL (jahat) dan trigliserida.

Minyak alpukat memiliki rasa yang ringan bahkan bisa dikonsumsi mentah. Minyak alpukat sangat mirip dengan minyak zaitun dalam hal kegunaan dan nilai gizi.

Sebagaimana dilansir WebMD, seperti minyak zaitun extra virgin, minyak alpukat yang diperas dingin tidak dimurnikan dan mempertahankan beberapa rasa serta warna buah sehingga membuatnya berwarna kehijauan.

Minyak alpukat juga sering dioleskan langsung ke kulit sebagai pelembap, dan dapat ditemukan di banyak kosmetik dan produk perawatan kulit. Ketika diproduksi untuk aplikasi luar, minyak biasanya dimurnikan sehingga memberikan warna kuning pucat.

(tst/agn)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER