7 Manfaat Rebusan Daun Singkong untuk Kesehatan

tim | CNN Indonesia
Selasa, 18 Jan 2022 08:30 WIB
Daun singkong disebut memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan. Berikut manfaat rebusan daun singkong. Daun singkong disebut memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan. Berikut manfaat rebusan daun singkong. (iStockphoto/Photographer)
Jakarta, CNN Indonesia --

Singkong merupakan salah satu sumber kalori dan karbohidrat yang baik. Namun daun singkong disebut memiliki manfaat yang lebih baik untuk kesehatan. Berikut manfaat rebusan daun singkong.

Daun singkong mengandung vitamin protein, mineral dan asam amino esensial. Protein yang terdapat dalam daun singkong membantu pembentukan sel-sel tubuh dan penyusun sistem enzim.

Begitu juga dengan ketersediaan asam amino yang membantu mengubah energi menjadi karbohidrat. Asam amino membantu memulihkan luka kulit, membantu dengan memori yang baik, kesehatan tulang dan sistem metabolisme tubuh.

Manfaat rebusan daun singkong juga lebih rendah kalori dan memberikan efek kenyang. Berikut berbagai manfaat rebusan daun singkong untuk kesehatan.

1. Baik untuk wanita hamil

Kandungan zat besi yang tinggi dalam daun singkong membantu ibu hamil untuk menghindari anemia. Sebagaimana dilansir Health Benefit Times, daun singkong memiliki kandungan folat dan vitamin C yang tinggi.

2. Bantu atasi demam dan sakit kepala

Rebusan akar dan daun singkong disebut membantu meredakan demam dan sakit kepala.

Caranya: rebus akar dan 400 gram daun singkong dengan satu liter air. Rebus hingga air berkurang menjadi setengah dan kemudian biarkan dingin.

3. Redakan diare

Untuk mendapatkan manfaat rebusan daun singkong dalam mengobati diare, Anda dapat merebus tujuh lembar daun singkong dengan 4 gelas air hingga tersisa 2 gelas.

Cairan ini harus diminum dua kali sehari untuk menyembuhkan diare.

4. Tingkatkan nafsu makan

Daun singkong disebut dapat membantu mengembalikan nafsu makan. Ramuan daun singkong dengan jahe sebaiknya diminum setiap pagi setelah bangun tidur.

5. Bantu atasi stroke

Studi yang telah dilakukan oleh para ahli menunjukkan bahwa daun singkong membantu mengobati stroke karena daun singkong memiliki isoflavon, antioksidan yang membantu mengikat radikal bebas.

6. Tingkatkan daya tahan tubuh

Kandungan vitamin C yang tinggi membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Konsumsi daun singkong membantu menjaga tubuh dengan menghilangkan berbagai penyakit.

Daun singkong juga membantu menjaga kesehatan tulang. Antioksidan membantu membasmi radikal bebas dalam tubuh. Folat membantu meningkatkan produksi sel dengan membantu materi genetik untuk kehidupan dan menghindari mutasi DNA.

7. Menyembuhkan luka

Kehadiran berbagai nutrisi membantu menyembuhkan luka dengan cepat. Dengan sedikit gel lidah buaya, tambahkan beberapa daun singkong yang dihancurkan dan buat pasta. Pasta ini harus dioleskan pada luka.

Itulah manfaat rebusan daun singkong untuk kesehatan.

(agn/agn)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER