7 Makanan Alami yang Sehatkan Rahim dan Sel Telur

tim | CNN Indonesia
Rabu, 19 Jan 2022 21:00 WIB
Berikut beberapa makanan yang dipercaya bisa menyehatkan sel telur dan rahim. Berikut beberapa makanan yang dipercaya bisa menyehatkan sel telur dan rahim.(ImagesBG/Pixabay)
Jakarta, CNN Indonesia --

Pembekuan sel telur seperti yang dilakukan Luna Maya menjadi topik yang banyak dibicarakan. Luna Maya mengaku membekukan sel telur miliknya agar tetap memiliki keturunan di kemudian hari, walau usianya tak lagi muda.

Kesehatan rahim dan sel telur ini bisa dijaga sejak dini, dari mulai beraktivitas dan gaya hidup yang seimbang hingga mengonsumsi makanan tertentu yang dipercaya bisa menyehatkan rahim dan sel telur.

Berikut beberapa makanan yang dipercaya bisa menyehatkan sel telur dan rahim.


1. Kacang dan biji-bijian

Dilansir dari berbagai sumber, kacang dan biji-bijian seperti almond, walnut, hingga biji rami mengandung asam lemak omega-3 yang cukup tinggi. Nutrisi ini mengurangi risiko fibroid rahim dan risiko kanker rahim. Tambahkan kacang dan biji-bijian ke dalam berbagai olahan makanan, terutama makanan yang dipanggang untuk menambah rasa dan nutrisi pada makanan Anda.

2. Sayuran hijau

Bayam, selada, kangkung dan sayuran hijau lainnya bisa membuat rahim lebih sehat. Makanan ini menjaga keseimbangan basa dan memberikan nutrisi penting seperti mineral dan asam folat.

3. Buah-buahan segar

Buah-buahan kaya akan nutrisi penting seperti vitamin C dan flavonoid yang bisa menjadi pengobatan fibroid alami dan bahkan mencegah pertumbuhan fibroid di rahim Anda. Flavonoid membantu menjaga sistem reproduksi tetap sehat dan mencegah kanker ovarium.

4. Air lemon hangat

Segelas air hangat dengan perasan jeruk lemon bermanfaat untuk rahim Anda. Lemon kaya akan vitamin C, yang membantu meningkatkan dan menjaga kekebalan rahim dan mencegah infeksi rahim.

5. Kuning telur

Kuning telur dapat dianggap sebagai multivitamin alami dan kaya nutrisi, salah satunya kolin. Dilansir dari Cryoviva, kolin baik untuk Anda karena membantu melindungi terhadap cacat tabung saraf, sehingga melindungi rahim dan menjaganya tetap sehat.

6. Susu

Konsumsi harian produk susu seperti yogurt, susu dan keju sangat penting untuk kesehatan rahim Anda. Susu kaya akan kalsium dan vitamin D yang menjaga kesehatan tulang dan menjauhkan fibroid rahim.

7. Ikan

Ikan yang tumbuh subur di air dingin, seperti salmon dan mackerel kaya akan asam lemak omega-3. Makanan ini tidak hanya membantu mengurangi produksi prostaglandin dalam tubuh yang menyebabkan kontraksi rahim yang parah, tetapi juga memberi Anda lemak sehat untuk menjaga rahim tetap sehat.

(chs/chs)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER