Tanda-Tanda Pasangan Melakukan Gaslighting yang Perlu Diwaspadai

tim | CNN Indonesia
Minggu, 23 Jan 2022 15:09 WIB
Gaslighting adalah suatu kekerasan yang terjadi dalam hubungan. Berikut tanda-tanda pasangan melakukan gaslighting yang perlu diwaspadai. Gaslighting adalah suatu kekerasan yang terjadi dalam hubungan. Berikut tanda-tanda pasangan melakukan gaslighting yang perlu diwaspadai.(Foto: iStockphoto/Mixmike)
Jakarta, CNN Indonesia --

Gaslighting adalah salah satu bentuk kekerasan yang terjadi dalam hubungan. Gaslighting bisa terjadi pada siapa saja. Kenali tanda-tanda pasangan yang melakukan gaslighting.

Psikolog dari Universitas Indonesia Rininda Mutia menjelaskan pelaku gaslight membuat pasangan atau korbannya menjadi inferior, kurang percaya diri, dan mempertanyakan keputusan, persepsi atau nilai yang sudah dianut sejak lama. Korban gaslighting bakal dibuat bertanya-tanya apakah pikiran, nilai, ataupun hal yang dilakukannya benar.

Rininda menjelaskan bahwa orang yang melakukan gaslighting kerap memanipulasi keadaan sehingga membuat pasangan atau korban merasa bersalah. Padahal, yang bersalah adalah mereka sendiri.


"Misalnya pelaku gaslight ini selingkuh. Kemudian dia akan bilang ke pasangannya bahwa, 'Aku tuh selingkuh juga karena kamu. Karena kamu enggak perhatian sama aku, makanya aku selingkuh, jadi kamu yang salah,'" kata Rininda.

Padahal, perilaku selingkuh adalah salah. Namun, pelaku tidak mau mengakui kesalahannya dan justru membuat pasangannya menanggung kesalahan tersebut.

Perilaku gaslighting ini tidak boleh dibiarkan. Jika terus dibiarkan kondisi dapat menjadi toksik dan berdampak pada kesehatan mental.

Rininda menyarankan setiap orang untuk mengenali tanda-tanda gaslighting agar tidak terjebak dalam hubungan yang toksik.

Rininda menyebut tanda yang utama adalah jika pasangan berbuat salah, dia justru berbalik menyalahkan Anda. Begitu juga saat merasa sudah tidak percaya diri dan merasa tidak aman atau insecure.

"Pokoknya kalau sudah ada tanda-tanda dia yang salah tapi kenapa saya yang disalahkan, atau kita sudah merasa kok diri kita jadi berubah ke arah yang lebih enggak percaya diri, insecure, kita harus bisa setting boundaries," kata Rininda.

Selain itu, waspada juga terhadap tanda gaslighting yang frontal dengan cara merendahkan Anda seperti mengatakan Anda tidak pintar atau tidak mampu. Rininda menyebut hal itu merupakan kekerasan psikis. Seseorang yang mendapatkan perlakukan tersebut berhak membela diri atau keluar dari hubungan tersebut.

"Karena setiap orang berhak untuk mendapatkan kebahagiaan, untuk memperjuangkan kebahagiaannya. Dan kebahagiaan tidak didapat hanya dari satu orang itu saja, apalagi orang itu adalah orang yang menyakiti kita," kata Rininda.

Itulah tanda-tanda pasangan melakukan gaslighting yang perlu diwaspadai.

(ptj/ptj)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER