8 Olahraga yang Baik untuk Anak

tim | CNN Indonesia
Minggu, 23 Jan 2022 07:05 WIB
Olahraga teratur merupakan bagian dari gaya hidup sekaligus dasar kebiasaan sehat untuk anak-anak. Berikut sejumlah olahraga terbaik untuk anak-anak. Olahraga teratur merupakan bagian dari gaya hidup sekaligus dasar kebiasaan sehat untuk anak-anak. Berikut sejumlah olahraga terbaik untuk anak-anak. (iStockphoto/SolStock)
Jakarta, CNN Indonesia --

Olahraga teratur merupakan bagian dari gaya hidup sekaligus dasar kebiasaan sehat untuk anak-anak. Berikut sejumlah olahraga terbaik untuk anak-anak.

Rutin olahraga dapat mengurangi risiko kelebihan berat badan di masa dewasa atau mengembangkan diabetes tipe 2.

Menargetkan kekuatan otot tertentu sejak dini juga dapat mempersiapkan anak Anda untuk keterampilan motorik yang lebih kompleks di kemudian hari, seperti menggiring bola basket atau mengendarai sepeda.


Berikut sejumlah jenis olahraga yang baik untuk anak.

1. Melakukan pekerjaan rumah

Melakukan pekerjaan rumah tangga seperti menyapu, mengepel, serta membersihkan debu juga dihitung sebagai olahraga.

Tetapkan satu pekerjaan rumah tangga untuk anak Anda dan lakukan bersama.

Sebagaimana dilansir Times of India, ini tidak hanya akan membuat anak sadar akan kebersihan dan tanggung jawab pada pekerjaan rumah, tetapi juga kebiasaan baik di masa depan.

2. Berjalan di tangga

Jika ada tangga, mintalah anak Anda untuk berjalan turun dan naik selama 10-15 menit. Dampingi mereka selama melakukannya dan ajarkan untuk tetap waspada saat naik turun tangga.

3. Menari

Anak-anak yang suka bersenang-senang dan bermain-main selalu mencoba meniru gerakan tarian. Jika anak Anda suka bergerak dan bergoyang, dorong dia untuk rutin melakukan itu diiringi lagu-lagu yang ia sukai.

4. Lompat tali

Lompat tali bisa dilakukan di luar atau pun di dalam ruangan. Jika Anda memiliki ruang terbuka seperti balkon berukuran sedang atau memiliki akses ke teras, anak Anda bisa mempraktikkannya.

5. Hula hoop

Anak mana yang tidak suka hula hoop? Ini merupakan olahraga yang sangat efektif karena tidak hanya membuat anak tetap aktif tetapi juga menjaga kesehatan tubuh mereka.

6. Lempar dan tangkap

Kegiatan ini merupakan sebuah permainan dasar yang diturunkan dari generasi ke generasi. Lempar dan tangkap membutuhkan bola sederhana dan dua orang untuk bermain. Ini bisa menjadi permainan dan latihan yang bagus juga untuk anak dan juga Anda.

7. Berlari

Profesor di Departemen Pediatri di University of California Irvine, Candice Taylor Lucas mengatakan, bahwa berlari tidak hanya membantu anak-anak mengembangkan jantung, paru-paru, dan koordinasi yang sehat, tetapi juga dapat meningkatkan kinerja kognitif, kesehatan mental, dan kinerja akademik.

Menurut laporan Insider, sebuah tinjauan tahun 2008 menemukan bahwa aktivitas fisik aerobik, seperti berlari, meningkatkan kinerja akademik.

8. Yoga

Yoga merupakan bentuk latihan yang bagus untuk membangun kekuatan, kelenturan, dan meningkatkan kesadaran dan pernapasan dalam, yang dapat mengurangi stres.

Sebuah tinjauan tahun 2015 menemukan yoga dapat mengurangi kecemasan pada anak-anak dan remaja. Manfaat lain dari yoga untuk anak-anak meliputi:

- Peningkatan fokus, memori, dan harga diri
- Peningkatan kinerja akademik
- Kurangnya perilaku mengganggu di sekolah

(agn/agn)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER