Bedanya Masker KN95, N95, dan KF94

tim | CNN Indonesia
Minggu, 23 Jan 2022 14:20 WIB
Meski sama-sama berlabel 95 yang berarti efisiensi filtrasi sama-sama 95 persen, apa beda di antara ketiganya? Meski sama-sama berlabel 95 yang berarti efisiensi filtrasi sama-sama 95 persen, apa beda di antara ketiganya? (iStockphoto/alano design)
Jakarta, CNN Indonesia --

Saat pandemi seperti sekarang ini, ada banyak jenis masker yang beredar untuk mencegah infeksi covid-19.

Variannya dari masker kain, masker medis, N95, KN95, sampai KF94. Meski sama-sama berlabel 90-an yang berarti efisiensi filtrasi sama-sama di atas 90 persen, apa beda di antara ketiganya?

Selain beda bentuk, perbedaan utama yang paling mencolok adalah negara atau organisasi yang menyertifikasi standar kualitas masker.


N95 bersertifikat NIOSH, sedangkan KN95 menurut catatan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) diproduksi di China dan memenuhi standar khusus untuk China.

Sementara KF94 diproduksi di Korea Selatan dan memenuhi persyaratan standar Korea.

Hanya saja karena bentuknya yang berbeda, untuk keperluan sehari-hari, orang lebih banyak memilih masker tipe KN95 dan juga KF95 yang dianggap lebih modis dan nyaman dipakai.

"Jika Anda dapat mengenakan KN95 atau KF94, maka itu sangat membantu karena sedikit lebih nyaman dan dapat ditoleransi," ungkap Sabrina Assoumou, dokter penyakit menular di Boston Medical Center dikutip dari USA Today.

Sedangkan N95 sampai saat ini penggunaannya lebih banyak dipakai oleh tim medis di rumah sakit.

Dikutip dari Antara, CDC mempertimbangkan untuk merekomendasikan orang-orang mengenakan N95 atau KN95 seiring varian Omicron dengan kemampuan penularan yang sangat cepat sehingga memacu rekor tingkat infeksi dan rawat inap.

Para ahli kesehatan merekomendasikan masker berkualitas lebih baik daripada masker kain untuk melindungi tubuh dari virus yang ditularkan melalui udara.

"Jika orang menginginkan lapisan perlindungan ekstra, KN95 atau N95 menawarkan itu," kata Direktur CDC, Rochelle Walensky seperti dikutip dari The Washington Post.

"Tetapi yang juga ingin saya tekankan, masker ini harus pas di wajah. KN95 dan N95 seringkali tidak senyaman itu," imbuh dia.

(chs/chs)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER