5 Manfaat Jeruk Mandarin untuk Kesehatan

tim | CNN Indonesia
Senin, 24 Jan 2022 09:35 WIB
Sama seperti jenis jeruk lainnya, jeruk mandarin menyuguhkan rasa asam, manis, dan menyegarkan. Berikut manfaat jeruk mandarin. Sama seperti jenis jeruk lainnya, jeruk mandarin menyuguhkan rasa asam, manis, dan menyegarkan. Berikut manfaat jeruk mandarin. (Daria-Yakovleva/Pixabay)
Jakarta, CNN Indonesia --

Sama seperti jenis jeruk lainnya, jeruk mandarin menyuguhkan rasa asam, manis, dan menyegarkan. Di samping itu, jenis buah yang identik dengan perayaan Imlek ini juga mengandung sejumlah nutrisi penting. Berikut manfaat jeruk mandarin.

Jeruk mandarin adalah buah jeruk dalam keluarga yang sama dengan jeruk, lemon, limau, dan jeruk bali. Dibandingkan dengan jeruk biasa, jeruk mandarin lebih kecil, manis, dan mudah dikupas.

Buah ini diyakini berasal dari Tiongkok kuno, yang kemudian membuatnya dinamai sebagai jeruk mandarin. Tidak hanya manis dan mudah dikonsumsi, jeruk mandarin juga kaya vitamin, mineral, dan antioksidan.


Berikut manfaat jeruk mandarin untuk kesehatan.

1. Ketahanan terhadap penyakit

Beta-karoten dan beta-cryptoxanthin adalah senyawa yang memberi buah jeruk seperti jeruk mandarin dan keprok berwarna oranye tua.

Di samping itu, mereka adalah antioksidan yang juga dapat membantu mengurangi risiko Anda terkena beberapa jenis kanker.

Sebagaimana dilansir WebMD, jeruk mandarin memiliki lebih banyak beta-karoten dan beta-cryptoxanthin daripada jeruk biasa, menjadikannya tambahan yang sangat baik untuk pola makan Anda.

Tubuh mengubah beta-karoten dan beta-cryptoxanthin menjadi vitamin A, yang penting untuk sistem kekebalan yang sehat, penglihatan yang baik, dan pertumbuhan dan perkembangan yang normal.

Jeruk mandarin juga sumber vitamin C yang sangat baik, nutrisi penting lainnya untuk fungsi sistem kekebalan tubuh, serta menjaga kesehatan kulit dan menyembuhkan luka.

Vitamin C dalam makanan lebih baik diserap oleh tubuh daripada vitamin C dosis tinggi yang didapatkan dari suplemen.

2. Kendalikan kolesterol

Jeruk mandarin adalah makanan bebas kolesterol yang dapat membantu Anda tetap sehat. Buah ini juga sumber serat larut yang baik, yang dapat membantu Anda merasa kenyang lebih lama setelah makan.

Serat larut telah terbukti membantu mengurangi kolesterol LDL atau sering disebut "kolesterol jahat" karena dapat terkumpul di pembuluh darah Anda dan menyebabkan masalah jantung.

Dengan menurunkan kadar kolesterol LDL, Anda dapat menurunkan risiko terkena serangan jantung atau stroke.

3. Menurunkan tekanan darah

Manfaat jeruk mandarin lainnya yakni membantu mengelola tekanan darah tinggi.

Tekanan darah tinggi dapat disebabkan oleh makan makanan berlemak, minum terlalu banyak alkohol, atau merokok. Jika tidak diatur, itu bisa membuat Anda berisiko terkena penyakit jantung.

Makan buah-buahan yang kaya serat membantu menurunkan tingkat tekanan darah Anda dan menjalani hidup yang lebih sehat.

Jeruk mandarin juga mengandung potasium. Kalium menurunkan tekanan darah dengan membantu tubuh membuang kelebihan natrium (garam) dan dengan mengurangi ketegangan di dinding pembuluh darah.

4. Tulang lebih kuat

Selain potasium, jeruk mandarin juga mengandung kalsium dan magnesium.

Orang yang mendapatkan lebih banyak dari ketiga mineral ini dalam makanan mereka cenderung memiliki kepadatan mineral tulang yang lebih tinggi. Itu berarti tulang mereka lebih kuat dan kecil kemungkinannya untuk patah.

5. Tingkatkan kesehatan usus

Kandungan serat larut dalam jeruk mandarin membuat manfaat jeruk mandarin baik bagi pencernaan.

Serat larut membentuk gel di saluran pencernaan Anda. Ini menarik air ke usus Anda untuk melunakkan tinja, berpotensi melancarkan buang air besar.

Jeruk mandarin juga memiliki beberapa serat yang tidak larut. Menurut Healthline, jeruk mandarin memiliki lebih banyak serat jenis ini daripada banyak buah lainnya.

Kedua jenis serat ini dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit kronis dan bahkan dapat membantu Anda menurunkan berat badan.

(agn/agn)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER