Mengenal Diabetes pada Anak seperti yang Dialami Matthew White

tim | CNN Indonesia
Senin, 24 Jan 2022 20:03 WIB
Artis cilik Matthew White meninggal dunia di usia 12 tahun. Matthew diketahui menderita penyakit diabetes. Berikut selengkapnya tentang diabetes pada anak. Artis cilik Matthew White meninggal dunia di usia 12 tahun. Matthew diketahui menderita penyakit diabetes. Berikut selengkapnya tentang diabetes pada anak.(Foto: iStockphoto/tolgart)
Jakarta, CNN Indonesia --

Artis cilik pemeran film Danur 2 dan 3, Matthew White meninggal dunia pada Minggu (23/1). Matthew meninggal dunia di usia 12 tahun. Matthew diketahui menderita penyakit diabetes.

Diabetes pada anak seperti yang dialami Matthew berbeda dengan yang dialami pada orang dewasa.

Data Medline Plus menunjukkan diabetes yang paling umum pada anak dan remaja adalah diabetes tipe 1. Sedangkan pada orang dewasa, diabetes yang paling umum adalah diabetes tipe 2.


Dikutip dari Mayo Clinic, diabetes tipe 1 adalah kondisi yang terjadi saat tubuh anak tidak bisa memproduksi insulin. Penyebab pasti diabetes tipe 1 tidak diketahui. Namun, sebagian besar dikaitkan dengan sistem kekebalan tubuh yang justru menghancurkan sel-sel penghasil insulin di pankreas. Faktor genetika dan lingkungan memengaruhi proses ini.

Insulin merupakan hormon yang dibutuhkan untuk memindahkan gula atau glukosa dari aliran darah ke seluruh tubuh. Tanpa insulin yang cukup, gula menumpuk di aliran darah anak sehingga dapat menyebabkan komplikasi hingga kematian jika tidak ditangani.

Diabetes tipe 1 pada anak ditandai dengan munculnya sejumlah gejala.

Berikut gejala diabetes tipe 1:

  • Rasa haus yang meningkat
  • Sering buang air kecil atau mengompol
  • Kelaparan yang ekstrem
  • Penurunan berat badan
  • Kelelahan
  • Iritabilitas atau perubahan perilaku
  • Napas berbau buah.

Selain diabetes tipe 1, beberapa waktu terakhir anak-anak juga kerap dijumpai mengalami diabetes tipe 2. Umumnya kondisi ini disebabkan oleh obesitas dan gaya hidup yang tidak sehat sehingga menyebabkan produksi insulin terganggu. Faktor genetik juga berperan penting dalam diabetes tipe 2.

Diabetes tipe 1 dan tipe 2 pada anak dapat dikelola dengan melakukan sejumlah perawatan seperti pemberian insulin, mengelola asupan karbohidrat, mengatur diet, dan berolahraga secara teratur.

(ptj/ptj)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER