Waktu Vaksin Booster untuk Penyintas Covid-19

tim | CNN Indonesia
Sabtu, 29 Jan 2022 07:10 WIB
Orang yang sudah sembuh dari Covid-19 direkomendasikan untuk mendapat vaksin booster. Berikut waktu vaksin booster untuk penyintas Covid-19. Orang yang sudah sembuh dari Covid-19 direkomendasikan untuk mendapat vaksin booster. Berikut waktu vaksin booster untuk penyintas Covid-19.(Foto: ANTARA FOTO/JOJON)
Jakarta, CNN Indonesia --

Penyintas Covid-19 atau orang yang sudah sembuh dari infeksi Covid-19 juga direkomendasikan untuk mendapatkan vaksin booster

Berikut jeda waktu vaksin booster untuk penyintas Covid-19.

Dokter spesialis paru RSUP Persahabatan, Erlina Burhan menjelaskan vaksin booster dapat memberikan perlindungan ekstra dan memperkuat antibodi dalam melawan virus corona.


Erlina menyebut terdapat jeda beberapa waktu setelah sembuh dari Covid-19 untuk bisa mendapatkan vaksin booster. Jeda waktu ini dibagi berdasarkan gejala yang muncul saat terinfeksi Covid-19.

Berikut ketentuannya:

  • Penyintas Covid-19 gejala berat: booster diberikan setelah 3 bulan sembuh
  • Penyintas Covid-19 gejala ringan/sedang: booster diberikan setelah 1 bulan sembuh

Sementara itu, untuk orang yang sudah vaksinasi lengkap atau sudah mendapatkan vaksin Covid-19 dosis 1 dan 2, bisa mendapatkan vaksin Covid-19 dengan ketentuan sudah 6 bulan setelah vaksin dosis kedua.

Vaksin Covid-19 bisa didapatkan setelah mendapatkan tiket vaksinasi muncul di aplikasi PeduliLindungi. Tiket bisa ditunjukkan ke layanan fasilitas kesehatan terdekat.

Studi dari CDC menunjukkan vaksin booster efektif mencegah rawat inap dan penyakit parah dari varian Omicron. Hasil analisis menunjukkan orang yang telah vaksin booster memiliki kemungkinan 82 persen lebih rendah dirawat di UGD dibandingkan dengan orang yang tidak divaksin.

CDC juga menemukan bahwa perlindungan orang yang sudah divaksin booster lebih tinggi dibandingkan orang yang baru mendapatkan dua dosis vaksin.

(ptj/ptj)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER