Bahaya Begadang bagi Wanita: Berat Badan Naik hingga Hipertensi

Tim | CNN Indonesia
Rabu, 09 Feb 2022 09:18 WIB
Tak hanya pria, terkadang wanita juga terpaksa harus begadang karena beberapa alasan. Padahal, bahaya begadang bagi wanita disebut lebih besar ketimbang pria. Ilustrasi. Bahaya begadang bagi wanita lebih besar ketimbang pria. (Istockphoto/bymuratdeniz)
Jakarta, CNN Indonesia --

Tak hanya pria, terkadang wanita juga terpaksa harus begadang karena beberapa alasan. Padahal, bahaya begadang bagi wanita disebut lebih besar ketimbang pria.

Begadang membuat kualitas tidur jadi berkurang drastis. Padahal, aktivitas tidur di malam hari jadi salah satu kunci menjaga kesehatan tubuh secara menyeluruh.

Wanita ditemukan lebih sering mengalami insomnia daripada pria. Jajak pendapat yang dilakukan oleh National Sleep Foundation menemukan 67 persen wanita mengaku kerap begadang karena insomnia.

Perbedaan hormon dan ritme sirkadian antara pria dan wanita ditengarai menjadi salah satu penyebabnya. Hormon dapat secara langsung memengaruhi kualitas tidur.

Umumnya wanita akan mengalami kesulitan untuk tertidur saat periode menstruasi, kehamilan, serta masa perimenopause dan menopause.

Sayangnya, risiko masalah kesehatan akibat kurang tidur pada perempuan juga ditemukan lebih besar daripada pria. Hal ini ditemukan dalam sejumlah penelitian.

Misalnya saja, para peneliti di Duke University Medical Center yang menemukan risiko penyakit jantung, diabetes tipe-2, dan depresi yang lebih tinggi pada perempuan yang kurang tidur dibanding pria.

"Perbedaannya sangat luar biasa. Sebagian besar penelitian menemukan bahwa kurang tidur tak baik bagi kesehatan secara menyeluruh, namun beberapa penelitian lain menemukan adanya perbedaan antara pria dan wanita," ujar salah seorang peneliti, Edward Suarez, mengutip WebMD.

Bahaya Begadang bagi Wanita

Ilustrasi insomniaIlustrasi. Bahaya begadang bagi wanita lebih besar ketimbang pria. (iStock/amenic181)

Pola tidur yang sehat akan berdampak positif pada kebugaran tubuh secara menyeluruh.

Suarez mengatakan, pola tidur yang tidak sehat pada wanita berisiko memperpendek angka harapan hidup. Berikut beberapa bahaya begadang bagi wanita.

1. Hipertensi

Wanita yang kurang tidur memiliki kadar protein C-reaktif yang lebih tinggi daripada pria. Kadar ini menjadi salah satu penanda tekanan darah tinggi atau hipertensi.

2. Diabetes tipe-2

Kurang tidur dapat mengganggu toleransi glukosa dan menempatkan wanita pada risiko diabetes tipe-2.

Studi yang dilakukan Suarez menunjukkan bahwa wanita yang kurang tidur cenderung memiliki kadar insulin dan gula darah yang lebih tinggi daripada pria.

3. Depresi

Tak hanya mengganggu pemikiran dan memori seseorang. Suarez mengatakan, kurang tidur pada wanita juga rentan memicu perasaan marah dan sedih atau depresi pada wanita.

4. Kenaikan berat badan

Kurang tidur telah dikaitkan dengan peningkatan nafsu makan. Artinya, bukan hal yang tak mungkin jika wanita mengalami kenaikan berat badan akibat kurang tidur.

Kondisi ini, dalam penelitian Suarez, ditemukan lebih banyak terjadi pada wanita daripada pria.

Cara agar Tidur Nyenyak

ilustrasi mimpiIlustrasi. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar tidur lebih nyenyak. (istockphoto/Adene Sanchez)

Tidur sangat penting bagi kesehatan wanita. Ada beberapa langkah yang bisa diambil untuk mendapatkan tidur yang nyenyak.

Berikut beberapa caranya, mengutip laman National Sleep Foundation.

1. Mempertahankan jadwal tidur yang konsisten dari hari ke hari.
2. Membatasi asupan alkohol dan kafein pada beberapa jam sebelum tidur.
3. Mengurangi aktivitas di layar gawai sebelum tidur.
4. Melakukan teknik relaksasi sebagai rutinitas sebelum tidur.
5. Menciptakan suasana kamar tidur yang nyaman, dengan suhu udara yang pas serta mengurangi paparan cahaya serta kebisingan.

Lakukan beberapa cara di atas agar terhindari dari bahaya begadang bagi wanita.

(asr/asr)


[Gambas:Video CNN]
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER