Cara Membersihkan Kotoran Pusar dengan Aman

CNN Indonesia
Rabu, 09 Mar 2022 15:05 WIB
Penting untuk mengetahui cara membersihkan kotoran pusar, mengingat lubang kecil tersebut sering kali tak mendapatkan perhatian dan menjadi sarang bakteri. Ilustrasi. Ada beberapa cara membersihkan kotoran pusar yang aman. (iStockphoto/RealisticFilm)
Jakarta, CNN Indonesia --

Pusar atau udel merupakan zona sensitif tubuh yang memiliki lubang berukuran kecil dan berada di bagian tengah bawah perut.

Penting untuk mengetahui cara membersihkan kotoran pusar, mengingat lubang kecil tersebut sering kali tak mendapatkan perhatian.

Keberadaan pusar yang cenderung lembap sangat rentan mengalami penumpukan kotoran akibat keringat, lotion, sisa sabun, dan lainnya.

Apabila tidak dibersihkan dengan benar, pusar Anda akan menimbulkan bau tidak sedap yang mengandung bakteri penyebab penyakit.

Dilansir dari Healthline, sebuah studi tahun 2012 menemukan bahwa pusar manusia rata-rata dihinggapi sekitar 67 jenis bakteri yang berbeda-beda.

Cara Membersihkan Kotoran Pusar

Stack of Cotton SwabSimilar images from my portfolio:Ilustrasi. Penting untuk mengetahui cara membersihkan kotoran pusar yang benar dan aman. (Istockphoto/orestegaspari)

Perlu diketahui bahwa pusar umumnya memiliki dua bentuk. Pusar innie, yang berarti bentuknya ke dalam atau pusar outie, yang menonjol ke luar.

Dikarenakan sama-sama rentan terhadap pertumbuhan penyakit akibat bakteri, kedua bentuk pusar itu mempunyai teknik membersihkan yang berbeda.

Supaya tetap terawat serta tidak menimbulkan bau, berikut cara membersihkan kotoran pusar dengan aman sesuai bentuknya.

1. Cara membersihkan pusar innie

Cotton bud lidi

Cotton bud lidi yang memiliki gumpalan kapas kecil di bagian batangnya bisa menjadi alat untuk membersihkan pusar innie.

Basahi bagian atas kapas ke dalam air atau cairan alkohol secukupnya. Kemudian posisikan badan Anda depan kaca dan mulai mengorek bagian lubang pusar pelan-pelan.

Anda perlu berhati-hati supaya tidak melukai pusar. Lakukan berulang secara perlahan sampai semua kotorannya tertarik ke luar.

Kapas

Opsi kedua yaitu menggunakan kapas tipis atau kapas berbentuk bulat-bulat kecil yang lebih lembut.

Cara membersihkannya masih sama dengan dibasahi terlebih dulu atau celupkan kapas ke cairan baby oil.

Usap bagian luar pusar, kemudian mengorek ke arah dalam pusar sambil menarik kotorannya ke luar.

Kain waslap

Apabila kulit Anda cenderung sensitif sebaiknya jangan memakai cairan alkohol. Cukup gunakan kain waslap yang dibasahi air biasa.

Setelah mandi, usapkan waslap basah ke area pusar sambil dibersihkan lubangnya perlahan, tapi jangan terlalu dalam.

Jika sudah bersih, hindari pemakaian body lotion karena dapat meningkatkan kelembapan dan merangsang pertumbuhan bakteri sehingga kotor lagi.

2. Cara membersihkan pusar outie

Man having shower in a hot tub with a forest viewIlustrasi. Cara membersihkan kotoran pusat outie berbeda dengan innie. (istockphoto/Shaf Bdn)

Pusar outie areanya lebih mudah diakses daripada innie. Cara membersihkannya hanya menggunakan spons badan ketika Anda mandi.

Pertama-tama, spons diberi air sabun, lalu gosok pusar dengan lembut sampai kotorannya terangkat secara menyeluruh.

Tahap terakhir, bilas sisa sabun sampai bersih tidak tersisa. Kemudian keringkan dengan handuk.

3. Cara membersihkan pusar yang ditindik

Pusar yang ditindik (piercing) juga tetap perlu perawatan supaya tidak menjadi sarang bakteri penyebab infeksi.

Sebelum dibersihkan, pastikan tindik pusar sudah dalam kondisi pulih dan tidak sedang luka atau kemerahan.

Cara membersihkannya cukup memakai bola kapas yang dibasahi larutan air garam dingin, lalu usap pelan-pelan di area tindik pusar sampai kotorannya hilang.

Demikian cara membersihkan kotoran pusar yang benar dan aman. Lakukan seminggu sekali agar bebas bakteri.

(avd/asr)


[Gambas:Video CNN]
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER