6 Oleh-Oleh Khas Magelang yang Wajib Dibawa Pulang

CNN Indonesia
Sabtu, 16 Apr 2022 16:00 WIB
Selain kaya destinasi wisata, Magelang juga kaya kuliner yang bisa dijadikan oleh-oleh. Berikut oleh-oleh khas Magelang yang wajib dibawa pulang. Ilustrasi oleh-oleh. Selain kaya destinasi wisata, Magelang juga kaya kuliner yang bisa dijadikan oleh-oleh. Berikut oleh-oleh khas Magelang yang wajib dibawa pulang.(Foto: Riki Risnandar/Thinkstock)
, CNN Indonesia --

Magelang yang terletak di provinsi Jawa Tengah dikenal sebagai kota dengan destinasi wisata, terutama wisata sejarah. Beberapa peninggalan sejarah terdapat di Magelang, salah satunya adalah Candi Borobudur.

Namun, Magelang tak hanya kaya dengan destinasi wisata yang akan memanjakan mata saja. Magelang juga menawarkan wisata kuliner yang akan memanjakan lidah. Berikut oleh-oleh khas Magelang yang wajib dibawa pulang.

Harga oleh-oleh khas Magelang ini juga sangat ramah di kantong. Jadi tak ada alasan lagi untuk tidak meminangnya saat Anda berkesempatan berkunjung ke Magelang.


Berikut ini oleh-oleh khas Magelang yang wajib dibawa pulang.

1. Tape Ketan

Tape Ketan Hitam. Fermented black glutinous rice, a typical accompaniment for Tape Uli.Tape ketan merupakan salah satu oleh-oleh khas Magelang.(Foto: iStockphoto/Edy Gunawan)

Oleh-oleh khas Magelang pertama yang bisa Anda pilih adalah tape ketan. Tape ketan khas Magelang ini berbeda dengan tape ketan yang berada di daerah lainnya.

Meski sama-sama terbuat dari beras ketan, umumnya tape ketan khas Magelang memiliki warna hijau, berbeda dengan tape ketan daerah lainnya. Warna hijau dari tape ketan ini didapatkan dari sari daun katuk.

2. Slondok

Slondok, a traditional snack of crispy ribbons made from cassava root flour; then seasoned with ground chili and coconut palm sugar mixture. The crisps are served on a woven basket lined with a paper; then arranged among other Javanese snacks for an afternoon tea time.Slondok merupakan salah satu oleh-oleh khas Magelang.(Foto: iStockphoto/MielPhotos2008)

Slondok bisa dikategorikan sebagai kerupuk. Terbuat dari bahan baku singkong, makanan bertekstur crispy ini memiliki rasa cenderung gurih.

Slondok cukup mudah ditemukan, baik di warung maupun di sentra oleh-oleh. Tak perlu takut mahal, Slondok dijual dengan harga yang sangat terjangkau. Anda juga bisa memilih beberapa varian rasa dari Slondok, sebut saja pedas, original, dan juga manis.

3. Getuk Trio

Hasil singkong yang melimpah di Magelang mampu dimanfaatkan dengan baik oleh penduduk sekitar untuk membuat aneka makanan. Selain slondok, terdapat juga makanan yang terbuat dari singkong, yakni getuk trio.

Yang membuatnya berbeda dengan getuk dari daerah lainnya adalah getuk ini  terdiri atas 3 warna. Selain putih, terdapat juga warna cokelat dan juga merah muda. Tak salah jika getuk trio ini menjadi oleh-oleh khas Magelang yang harus Anda bawa pulang.

4. Getuk Bolen

Masih terbuat dari singkong, kini terdapat getuk bolen. Getuk ini menggabungkan makanan tradisional dengan gaya internasional.

Getuk bolen memiliki tekstur yang renyah di luar dan lembut di dalam yang membuatnya bakal memanjakan lidah Anda. Anda bisa mendapatkan getuk bolen ini di Jalan Diponegoro.

Oleh-oleh Khas Magelang yang Harus Anda Bawa Pulang

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER