4 Cara Mencegah Infeksi pada Anak, Orang Tua Tak Perlu Panik

CNN Indonesia
Senin, 09 Mei 2022 10:15 WIB
Ada beberapa cara mencegah infeksi pada anak yang bisa dilakukan orang tua, alih-alih panik. Berikut daftarnya. Ilustrasi. Ada beberapa cara mencegah infeksi pada anak yang bisa dilakukan orang tua, alih-alih panik. (iStockphoto/Suzi Media Production)
Jakarta, CNN Indonesia --

Ada beberapa cara mencegah infeksi pada anak yang bisa dilakukan orang tua. Cara-cara ini bisa membantu melindungi anak dari ancaman berbagai penyakit.

Kelompok anak memang rentan terhadap infeksi. Seringnya berkontak dengan banyak orang ditambah sistem kekebalannya yang belum sempurna membuat anak rentan terhadap infeksi.

Nina Dwi Putri dari Unit Kerja Koordinasi Infeksi Tropik Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) menyoroti kebiasaan anak yang bermain bersama teman sebaya, yang memungkinkan adanya penyebaran penyakit.


Risiko semakin besar pada kelompok bayi dan balita. Hal ini dikaitkan dengan kebiasaan bayi dan balita yang gemar memegang mainan sembarangan dan menggunakan tangan mereka untuk menyentuh hidung serta mata.

"Anak kecil sering memasukkan sesuatu ke dalam mulut dan menyentuh wajahnya, membuat infeksi lebih mungkin terjadi," ujar Nina, dalam keterangan tertulis yang diterima CNNIndonesia.com, Senin (9/5).

Cara Mencegah Infeksi pada Anak

Untuk itu, demi anak bisa bermain aman, orang tua perlu melakukan langkah-langkah pencegahan.

Berikut beberapa cara mencegah infeksi pada anak yang bisa diikuti orang tua.

1. Imunisasi

Dokter memberikan vaksin HPV 1  untuk siswa perempuan Sekolah Dasar Negeri Tebet Timur 07 di Kantor Kelurahan Tebet Timur, Selasa, 25 Agustus 2020. Kegiatan ini bagian dari bulan imunisasi anak sekolah (bias) yang diberikan dua kali dalam satu tahun yaitu di bulan Agustus dan November. CNNIndonesia/Safir MakkiIlustrasi. Imunisasi jadi salah satu cara mencegah infeksi pada anak. (CNN Indonesia/Safir Makki)

Imunisasi menjadi cara paling efektif untuk melindungi anak dari berbagai infeksi. Imunisasi juga menghentikan penyebaran infeksi di tengah masyarakat dengan cara meningkatkan herd immunity.

Ada beberapa imunisasi dasar yang wajib didapatkan anak dalam berbagai rentang usia, mulai dari bayi hingga jelang remaja.

Daftar imunisasi anak ada di sini.

2. Tak bepergian saat sakit

Saat sakit, sistem kekebalan tubuh akan melemah. Untuk itu, biarkan anak yang sedang sakit agar tetap berada di rumah. Membawa anak bepergian dalam kondisi sakit hanya akan menempatkan mereka pada risiko infeksi yang tinggi.

Nina mengingatkan bahwa infeksi bisa menular beberapa hari sebelum gejala muncul dan setelah gejala hilang. "Pastikan anak sudah pulih baru beraktivitas kembali," ujarnya.

Simak cara mencegah infeksi pada anak lainnya di halaman berikutnya..

Cara Mencegah Infeksi pada Anak, Orang Tua Tak Perlu Panik

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER