Disebut dalam Kasus Hepatitis Akut Misterius, Apa Arti SGPT dan SGOT?

tim | CNN Indonesia
Senin, 09 Mei 2022 18:34 WIB
Apa itu SGPT dan SGOT yang disebut-sebut berkaitan dengan kasus hepatitis misterius yang menyerang anak-anak ini? Foto: iStockphoto/Piotrekswat

Apa saja tes fungsi darah hati yang umum untuk melihat SGOT dan SGPT?

Melansir Medicinenet, tes darah hati digunakan untuk menilai fungsi hati atau cedera hati. Langkah awal dalam mendeteksi kerusakan hati adalah tes darah sederhana untuk menentukan tingkat enzim hati (protein) tertentu dalam darah.

Dalam keadaan normal, enzim-enzim ini sebagian besar berada di dalam sel-sel hati. Tetapi ketika hati terluka enzim-enzim ini tumpah ke dalam aliran darah.


Enzim adalah protein yang ada di seluruh tubuh. Enzim membantu mempercepat reaksi kimia rutin dan vital dalam tubuh. Di antara enzim hati yang paling sensitif dan banyak digunakan adalah aminotransferase. Mereka termasuk aspartat aminotransferase atau SGOT dan alanine aminotransferase atau SGPT. Enzim-enzim ini biasanya terkandung di dalam sel-sel hati dan pada tingkat yang lebih rendah di dalam sel-sel otot.

Jika hati terluka atau rusak, sel-sel hati menumpahkan enzim ini ke dalam darah, meningkatkan kadar enzim SGOT dan SGPT hingga menjadi penanda penyakit hati.

Berapa kadar normal SGOT dan SGPT?

Rentang nilai normal untuk SGOT sekitar 5 sampai 40 unit per liter serum. Rentang nilai normal untuk SGPT adalah sekitar 7 hingga 56 unit per liter serum. Namun, rentang nomor SGOT dan SGPT mungkin sedikit berbeda tergantung pada teknik dan protokol yang digunakan oleh berbagai laboratorium di seluruh dunia.

Kapan tes bisa dilakukan pada anak?

Melansir Kids Health, tes dapat dilakukan jika seorang anak memiliki tanda-tanda kemungkinan masalah dengan hati, seperti penyakit kulit atau mata mengalami kekuningan, urin berwarna gelap, mual, muntah, hingga sakit perut.

Sebelum menjalani tes, dokter kemungkinan akan meminta anak tidak makan dan minum selama 8 hingga 12 jam. Orang tua juga disarankan memberi tahu dokter tentang obat apapun yang dikonsumsi anak karena beberapa obat dapat memengaruhi hasil tes.

(tst/chs)

[Gambas:Video CNN]
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER