HARI PERAWAT INTERNASIONAL

Hari Perawat Internasional, Saatnya Dengarkan Suara Para Perawat

tim | CNN Indonesia
Kamis, 12 Mei 2022 17:00 WIB
Hari Perawat Internasional atau International Nurse Day dirayakan hari ini, tepatnya 12 Mei 2022 di seluruh dunia. Hari Perawat Internasional atau International Nurse Day dirayakan hari ini, tepatnya 12 Mei 2022 di seluruh dunia. (iStockphoto/FatCamera)
Jakarta, CNN Indonesia --

Hari Perawat Internasional atau International Nurse Day dirayakan hari ini, tepatnya 12 Mei 2022 di seluruh dunia.

Perayaan ini dilakukan untuk mengingat jasa para tenaga kesehatan yang telah berjuang berperang melawan penyakit di seluruh dunia.

Dilansir dari laman resmi International Council of Nurses (ICN), tahun ini perayaan hari perawat internasional mengambil tema Nurses: A Voice to Lead - Invest in Nursing and respect rights to secure global health" atau Perawat: Suara untuk Mempelopori - Berinvestasi dalam keperawatan dan hormati hak untuk mengamankan kesehatan global.


Hari perawat internasional yang diperingati setiap tanggal 12 Mei ini sebenarnya dilakukan untuk memperingati kelahiran Florence Nightingale seorang pendiri keperawatan modern. ICN juga selalu memperingati hari penting ini setiap tahunnya.

Dilansir dari laman resmi WHO Afrika, perayaan hari perawat internasional juga dilakukan untuk menghormati perawat sebagai sumber daya yang tak ternilai dan meningkatkan kesadaran akan tantangan yang mereka hadapi.

WHO juga menandai peringatan ini dalam konteks darurat kesehatan global Covid-19. Sepanjang pandemi, perawat telah memberikan pengorbanan besar, bertindak dengan berani dan berkomitmen ulang setiap hari untuk mengatasi ancaman kesehatan global yang belum pernah terjadi sebelumnya di zaman modern.

Para perawat juga berfungsi sebagai pilar yang sangat diperlukan untuk mendukung sistem perawatan kesehatan di masa-masa yang sangat menantang.

Dunia membutuhkan lebih dari sembilan juta lebih perawat dan bidan untuk mewujudkan tujuan pembangunan berkelanjutan global kesehatan pada 2030.

Di Hari Perawat Internasional, orang semakin diingatkan bahwa perawat memiliki peran penting dalam pemberian pelayanan kesehatan dasar. Mereka berkontribusi pada penelitian, pencegahan penyakit, merawat yang terluka, memberikan perawatan paliatif, dan banyak lagi.

Mereka adalah pahlawan tanpa tanda jasa sejati di garis depan pencegahan dan perawatan penyakit.

(tst/chs)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER