4 Mitos Seputar Tidur yang Salah Kaprah

CNN Indonesia
Selasa, 10 Mei 2022 22:00 WIB
Di antara dampak positif tidur, beberapa rutinitas sebelum tidur yang selama ini dipercaya banyak orang ternyata tidak sepenuhnya benar. Ilustrasi. Ada beberapa mitos seputar tidur yang sudah kadung dipercaya banyak orang. (iStockphoto/FreshSplash)
Jakarta, CNN Indonesia --

Tidur merupakan salah satu cara menjaga kesehatan tubuh secara menyeluruh. Sayangnya, tak semua orang bisa tidur nyenyak saat malam hari.

Tidur diketahui mampu mengistirahatkan otot, membuat kulit memperbaiki diri, dan bahkan dapat mencegah Anda makan berlebihan.

Di antara dampak positif tersebut, beberapa rutinitas tidur yang selama ini dipercaya banyak orang ternyata tidak sepenuhnya benar.


Maka dari itu, Anda sebaiknya mengetahui berbagai mitos soal tidur, lengkap bersama faktanya.

Mitos #1: Berbaring di tempat tidur bikin ngantuk

Berbaring di tempat tidur, bahkan dengan mata tertutup, dengan harapan merasa mengantuk adalah salah satu kesalahan yang sering dilakukan banyak orang. Berbaring di tempat tidur selama 15 hingga 20 menit akan melatih otak untuk mengasosiasikan tempat tidur dengan kurang tidur.

Melansir CNN, psikolog klinis Michael Grandner mengatakan, kebiasaan tersebut dapat menyebabkan insomnia kronis.

Mitos #2: Olahraga malam hari ganggu tidur

Profesor Raj Dasgupta dari Universitas Southern California mengatakan, olahraga kapan saja, termasuk sebelum tidur, dapat mengurangi stres yang sering membuat sulit tidur.

Namun, apabila berolahraga di malam hari memengaruhi tidur Anda, para ahli menyarankan untuk berolahraga lebih awal di malam hari sehingga detak jantung dan suhu tubuh dapat kembali normal sebelum tidur.

Mitos #3: Mengganti jam tidur di akhir pekan

Ilustrasi tidur siangIlustrasi. Ada beberapa mitos tidur yang dipercaya banyak orang. (iStock/fizkes)

Pekerjaan yang menumpuk mungkin sering membuat Anda tidak memiliki waktu cukup untuk tidur. Akhirnya, Anda memilih untuk mengganti jam tidur saat akhir pekan hingga bangun kesiangan.

Para ahli mengatakan, kebiasaan ini dapat mengganggu kesehatan tubuh secara keseluruhan. Dengan mengubah waktu tidur dan bangun di akhir pekan, ritme tidur Anda menjadi tidak dapat diprediksi sehingga bisa mengubah ritme sirkadian tubuh.

Anda sebaiknya tidur dan bangun di waktu yang sama setiap hari, termasuk saat akhir pekan.

Mitos #4: Otak istirahat saat tidur

Tubuh akan beristirahat saat Anda sedang tidur, tetapi tidak demikian dengan otak. Otak masih tetap aktif dan mengontrol banyak fungsi tubuh, termasuk bernapas saat tidur.

(asr/asr)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER