5 Kelompok Orang yang Tetap Wajib Pakai Masker di Ruang Terbuka

CNN Indonesia
Rabu, 18 Mei 2022 06:46 WIB
Aturan pelonggaran masker telah disampaikan pemerintah. Namun, tak semua orang boleh melepas masker. Berikut beberapa orang yang tetap harus memakai masker. Ilustrasi. Meski aturan penggunaan masker dilonggarkan, ada beberapa orang yang tetap wajib menggunakan masker. (AP Photo/Jean-Francois Badias)
Jakarta, CNN Indonesia --

Aturan pelonggaran masker telah disampaikan pemerintah. Namun demikian, tak semua orang boleh melepas masker.

Ada beberapa kategori orang yang diharuskan tetap memakai masker meski berada di luar ruangan.

Keputusan pelonggaran aturan masker di tengah kondisi Covid-19 itu disampaikan oleh Presiden RI Joko Widodo pada Selasa (17/5).


"Jika masyarakat sedang beraktivitas di luar ruangan atau di area terbuka yang tidak padat orang, maka boleh untuk tidak menggunakan masker," ujar Jokori di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat.

Sementara di dalam ruangan tertutup dan transportasi publik, masyarakat tetap diharuskan untuk menggunakan masker.

Namun demikian, tak semua orang boleh melepas masker di ruang terbuka. Ada beberapa orang yang diharuskan untuk tetap memakai masker meski berada di area luar ruangan.

"Namun, populasi rentan dan orang yang sedang dalam keadaan tidak fit, tetap disarankan memakai masker. Untuk mencegah peluang tertular dengan lebih baik," ujar Juru Bicara Pemerintah untuk penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito, dalam konferensi pers, Selasa (17/5).

Orang yang tetap diharuskan memakai masker adalah mereka yang masuk ke dalam kategori rentan. Berikut daftarnya.

1. Lansia

Ilustrasi LansiaIlustrasi. Lansia tetap diharuskan untuk menggunakan masker meski berada di luar ruangan. (stevepb/Pixabay)

Orang yang berusia di atas 60 tahun atau lanjut usia (lansia) termasuk dalam kategori rentan. Selain karena penurunan daya tahan tubuh, kelompok lansia juga rentan mengalami gejala parah saat terpapar SARS-CoV-2.

2. Memiliki komorbid

Hal yang sama juga berlaku bagi orang yang memiliki penyakit bawaan (komorbid). Kehadiran komorbid bisa memperparah gejala jika seseorang terinfeksi virus corona penyebab Covid-19.

Mengutip laman Covid19.go.id, beberapa komorbid Covid-19 di antaranya kanker, penyakit paru-paru kronis, diabetes melitus tipe 1 dan 2, penyakit kardiovaskular seperti jantung dan hipertensi, gangguan ginjal, dan beberapa penyakit kronis lainnya.

3. Orang dengan gangguan imun

Autoimun merupakan kondisi saat sistem kekebalan tubuh menyerang sel-sel tubuh yang sehat. Orang dengan autoimun rentan terhadap berbagai penyakit infeksi, termasuk di antaranya Covid-19.

4. Orang dengan obesitas

Obesitas merupakan kondisi berat badan berlebih. Kondisi ini membuat seseorang lebih rentan terinfeksi virus corona penyebab Covid-19.

Tak hanya itu, orang dengan obesitas juga berisiko mengalami gejala berat akibat Covid-19.

5. Orang yang sedang sakit

Orang yang sedang sakit atau mengalami kondisi yang kurang sehat disarankan untuk tetap menggunakan masker meski berada di luar ruangan.

Pada kondisi yang tidak fit, sistem kekebalan tubuh akan menurun. Hal itu membuat mereka berisiko terkena Covid-19.

Meski aturan penggunaan masker telah dilonggarkan, Wiku menegaskan bahwa pandemi Covid-19 tetap belum berakhir. Ia meminta masyarakat untuk tetap mempertahankan perilaku hidup bersih dan menerapkan protokol kesehatan.

"Kita harus tetap melanjutkan upaya vaksinasi dan budaya hidup bersih dan sehat lainnya seperti protokol kesehatan, karena sejatinya pandemi belum dinyatakan resmi berakhir oleh WHO," ujar Wiku.

(khr/asr)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER