Buang Jauh-jauh 7 Kebiasaan Buruk Ini Biar Hati Tak Rusak

tim | CNN Indonesia
Minggu, 22 Mei 2022 09:25 WIB
Menjaga kesehatan hati agar terindar dari hepatitis akut sebenarnya bisa dilakukan dengan cara membuang jauh kebiasaan buruk bagi hati Anda. Menjaga kesehatan hati agar terindar dari hepatitis akut sebenarnya bisa dilakukan dengan cara membuang jauh kebiasaan buruk bagi hati Anda.(kaicho20/Pixabay)
Jakarta, CNN Indonesia --

Sejak ramainya kasus hepatitis akut misterius yang merebak saat ini, kesehatan fungsi organ hati lantas mendadak jadi perhatian. 

Para ahli maupun Badan Kesehatan Dunia (WHO) belum bisa bicara banyak mengenai penyakit ini lantaran masih minim informasi. 

Namun bak pepatah lebih baik mencegah daripada mengobati, tak ada salahnya untuk menjaga kesehatan organ hati Anda sejak dini agar kesehatan tubuh selalu terjaga dan terhindar dari infeksi hepatitis akut. 


Sayangnya, ada banyak kebiasaan sehari-hari yang tak disadari ternyata berdampak buruk buat kesehatan organ hati. Buang jauh-jauh kebiasaan buruk berikut ini agar hati Anda tetap sehat. 

1. Makan makanan dengan gula tambahan

Sebenarnya sebagian besar bahan pangan sudah membawa rasa manis alami tanpa harus diberi gula tambahan. Namun menambahkan gula seperti sudah jadi kebiasaan. Gula tambahan pun banyak ditemukan pada makanan kemasan.

Hati-hati, sebab jika kebiasaan ini diteruskan, organ hati bisa jadi korbannya. Seperti dilansir dari WebMD, hati menggunakan jenis gula berupa fruktosa. Saat konsumsi gula tambahan seperti gula rafinasi dan sirup jagung bisa mengakibatkan penumpukan lemak pada hati.

2. Konsumsi alkohol berlebihan

Alkohol masih terbilang aman saat dikonsumsi secara moderat. Namun saat konsumsinya berlebihan atau bahkan berat, ini akan memicu kerusakan hati mulai dari peradangan, kanker hingga gagal hati.

Dikutip dari Eat This, Not That!, disarankan untuk mengendalikan konsumsi alkohol termasuk konsumsi alkohol tidak lebih dari dua gelas untuk laki-laki, sedangkan perempuan tidak lebih dari satu gelas per hari.

HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER