7 Cara Alami Mengatasi Sariawan Seperti yang Dialami Pevita Pearce

CNN Indonesia
Senin, 23 Mei 2022 20:03 WIB
Aktris Pevita Pearce mengalami sariawan. Ada beberapa cara alami mengatasi sariawan yang bisa dicoba. Ilustrasi. Ada beberapa cara alami mengatasi sariawan seperti yang dialami Pevita Pearce. (CNN Indonesia/Bisma Septalisma)

4. Konsumsi buah kaya vitamin C

Vitamin C berperan dalam fungsi kekebalan tubuh dengan mendorong produksi sel darah putih. Konsumsi vitamin C lewat buah-buahan maupun sayuran mampu membantu kinerja sistem kekebalan dan mempercepat penyembuhan sariawan.

5. Minum teh chamomile

Selain memberikan efek menenangkan, meminum secangkir teh chamomile juga bisa jadi cara alami mengatasi sariawan karena sifat antiseptik yang dimilikinya.

Oleh karenanya, tak ada salahnya Anda minum teh chamomile sebab mampu meredakan rasa sakit sekaligus mempercepat penyembuhan sariawan.

6. Kompres dengan kantong bekas teh

Setelah menikmati teh chamomile, jangan buru-buru membuang kantong tehnya.

Kantong teh bersifat basa sehingga mampu menetralkan kondisi mulut yang asam. Kondisi mulut yang asam biasanya memperburuk rasa sakit pada sariawan.

Cukup tempelkan kantong bekas teh celup pada area sariawan dan diamkan selama lima menit. Anda bisa menggunakan teh jenis apa pun.

7. Kumur larutan cuka apel

Makanan asam dan pedas jelas tidak bisa masuk dalam daftar diet gara-gara sariawan. Namun, Anda maupun Pevita Pearce yang mengalami sariawan tetap bisa memanfaatkan makanan atau minuman asam untuk menyembuhkan sariawan, termasuk cuka apel.

Cuka apel bersifat antijamur sehingga memungkinkan penyembuhan sariawan.

Anda cukup melarutkan satu sendok teh cuka apel dalam segelas air, lalu kumur selama 15 detik.

(els/asr)

[Gambas:Video CNN]
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER