6 Cara Mencegah Penyakit yang Ditularkan Kucing dan Anjing

CNN Indonesia
Selasa, 24 Mei 2022 17:00 WIB
Beberapa penyakit bisa ditularkan hewan peliharaan ke manusia. Lakukan beberapa cara berikut untuk mencegah penyakit yang ditularkan hewan peliharaan. Ilustrasi. Lakukan beberapa cara pencegahan agar terhindari dari penyakit yang ditularkan hewan peliharaan. (iStockphoto/Drazen Zigic)
Jakarta, CNN Indonesia --

Beberapa penyakit memang bisa ditularkan dari hewan peliharaan seperti kucing ke manusia. Namun, Anda tak perlu terlalu khawatir akan risiko tersebut.

Beberapa cara bisa dilakukan untuk mencegah penularan penyakit dari kucing. Cara-cara ini perlu diperhatikan para pemilik hewan peliharaan.

Kucing dan anjing menjadi dua jenis hewan peliharaan yang paling disukai banyak orang. Selain menggemaskan, keduanya juga dikenal bisa berinteraksi dengan manusia.

Memiliki hewan peliharaan juga diketahui dapat meningkatkan kesehatan mental. Sikap manja dan kasih sayang hewan peliharaan dapat membantu pemiliknya dalam meredam stres.

Namun, bukan berarti tak ada hal-hal yang perlu diwaspadai. Anda tetap perlu mewaspadai beberapa penyakit yang ditularkan hewan peliharaan.

Cara Mencegah Penyakit yang Ditularkan Hewan Peliharaan

Penyakit-penyakit tersebut umumnya ditularkan melalui interaksi antara hewan peliharaan dan manusia yang tidak terkontrol.

"Tertular penyakit dari hewan peliharaan sebenarnya jarang terjadi, namun Anda bisa menghindari beberapa penyakit tersebut dengan membuat beberapa perubahan sederhana," ujar Shu-Hua Wang, peneliti penyakit menular Wexner Medical Center Ohio State University.

Wang mengajak para pemilik hewan peliharaan untuk melakukan langkah pencegahan seperti berikut ini.

1. Tidak makan dalam satu piring dengan hewan peliharaan

An Iranian woman plays with her dog at home in northern Tehran, on December 5, 2021. - A proposed law to ban pets submitted by ultraconservative Iranian lawmakers, pits growing numbers of people with pets against those who consider the practice decadent and hold that under Islamic law dogs, like pigs, are unclean. The bill has sparked criticism in the press, mockery on social networks and anger among residents of the capital. (Photo by ATTA KENARE / AFP)Ilustrasi. Ada beberapa cara mencegah tertular penyakit dari hewan peliharaan. (AFP/ATTA KENARE)

Membiarkan hewan peliharaan melahap makanan yang ada di piring makan Anda dapat meningkatkan risiko infeksi. Dengan cara ini, air liur kucing bisa tercampur dalam makanan yang Anda makan.

2. Tidak membiarkan hewan menjilat, mencium, atau menggigit tubuh Anda

Banyak hewan peliharaan bersikap manja dengan menjilati tubuh pemiliknya. Beberapa hewan juga gemar bermain dengan menggigit pemiliknya.

Namun, kebiasaan ini perlu Anda hindari, utamanya di sekitar area wajah.

Membiarkan kucing dan anjing menjilati area wajah atau menggigit membuat Anda rentan tertular penyakit dari hewan peliharaan.

Simak cara mencegah tertular penyakit dari hewan lainnya di halaman berikutnya..

Cara Mencegah Penyakit yang Ditularkan Kucing dan Anjing

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER