10 Manfaat Olahraga Kardio: Cegah Lemot sampai Turunkan Berat Badan

tim | CNN Indonesia
Selasa, 24 Mei 2022 11:10 WIB
Olahraga kardio memiliki banyak manfaat. Simak 10 manfaat olahraga kardio. Olahraga kardio memiliki banyak manfaat. Simak 10 manfaat olahraga kardio. (iStock/PeopleImages)
Jakarta, CNN Indonesia --

Manfaat olahraga kardio sudah tak perlu diragukan lagi. Salah satu contoh olahraga kardio adalah aerobik seperti jalan cepat, renang, lari, sepeda, sepakbola.

Latihan aerobik adalah aktivitas apa pun yang membuat darah Anda terpompa dan kelompok otot besar bekerja. Ini juga dikenal sebagai aktivitas kardiovaskular.

Berikut manfaat olahraga kardio buat Anda agar tetap sehat:

1. Meningkatkan kesehatan kardiovaskular
Asosiasi jantung Amerika merekomendasikan aerobik untuk menjaga kesehatan kardiovaskular bagi orang dengan, atau orang yang berisiko alami sakit jantung.

Latihan kardiovaskular juga dapat membantu menurunkan tekanan darah, dan menjaga arteri tetap bersih dengan meningkatkan kolesterol "baik" high-density lipoprotein (HDL) dan menurunkan kadar kolesterol "jahat" low-density lipoprotein (LDL)dalam darah.

2. Menurunkan tekanan darah
Latihan kardiovaskular dapat membantu Anda mengelola gejala tekanan darah tinggi.Itu karena olahraga kardio dapat membantu menurunkan tekanan darah.

3. Mengatur gula darah
Mengutip Healthline, manfaat latihan kardio juga berguna untuk mengatur gula darah. Aktivitas fisik yang teratur membantu mengatur kadar insulin dan menurunkan gula darah, sambil menjaga berat badan tetap terkendali, khususnya pada penderita diabetes.

4. Mengurangi gejala asma
Latihan aerobik dapat membantu penderita asma mempelajari frekuensi dan tingkat keparahan serangan asma.

5. Tidur lebih nyenyak
Jika Anda mengalami kesulitan tidur di malam hari, cobalah latihan kardiovaskular. Namun, berolahraga terlalu dekat dengan waktu tidur dapat membuat Anda lebih sulit tidur. Cobalah untuk menyelesaikan latihan Anda setidaknya dua jam sebelum tidur.

6. Menurunkan berat badan
Manfaat latihan kardio memiliki kemampuan untuk membantu Anda menurunkan berat badan dan mempertahankannya. Memotong kalori selain latihan aerobik dapat mengurangi jumlah latihan yang dibutuhkan untuk menurunkan jumlah berat yang sama.

7. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Hasil penelitian menunjukkan bahwa latihan aerobik yang teratur dan sedang meningkatkan antibodi tertentu dalam darah yang disebut imunoglobulin.Yang pada akhirnya memperkuat sistem kekebalan tubuh.Kelompok wanita yang tidak banyak bergerak tidak melihat peningkatan fungsi sistem kekebalan tubuh dan tingkat kortisol mereka jauh lebih tinggi daripada kelompok yang aktif.

8. Meningkatkan kekuatan otak
Tahukah Anda bahwa otak mulai kehilangan jaringan setelah Anda mencapai usia 30? Ilmuwan telah menemukan bahwa latihan aerobik dapat memperlambat kehilangan ini dan meningkatkan kinerja kognitif.

Manfaat olahraga kardio ini juga bisa menurunkan risiko lemot gegara usia. 

9. Meningkatkan suasana hati
Menggerakkan tubuh Anda juga dapat meningkatkan suasana hati Anda.Dalam satu penelitian pada individu dengan depresi partisipan berjalan di atas treadmill dengan interval selama 30 menit dalam satu sesi.Setelah 10 hari, mereka diminta untuk melaporkan perubahan suasana hati mereka.

10. Mengurangi rasa sakit kronis
Manfaat latihan kardio juga berperan untuk mengurangi rasa sakit kronis. Olahraga kardio juga dapat membantu Anda menurunkan berat badan, yang selanjutnya dapat mengurangi nyeri punggung kronis.

(chs/chs)


[Gambas:Video CNN]
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER