Having Sex Tak Sama dengan Making Love, Apa Bedanya?

CNN Indonesia
Kamis, 26 Mei 2022 20:58 WIB
Making love (bercinta) dan having sex (berhubungan seks) adalah dua hal yang mirip, tapi berbeda. Berikut beda making love dan having sex. Ilustrasi. Making love (bercinta) dan having sex (berhubungan seks) adalah dua hal yang mirip, tapi berbeda. (iStockphoto/MilosStankovic)
Jakarta, CNN Indonesia --

Bercinta alias making love dan berhubungan seks atau having sex sering dianggap sama. Benarkah keduanya sama atau justru berbeda?

Pada dasarnya, aktivitas making love dan having sex memiliki banyak kesamaan. Namun, ada beberapa hal yang membedakan.

Berikut penjelasan beda bercinta dan berhubungan seks.


Making Love

Seperti namanya, aktivitas bercinta melibatkan cinta. Menurut Ana Weber, ahli hubungan, bercinta adalah seni yang dibentuk dua orang dengan perasaan dan emosi mendalam satu sama lain.

"Ini adalah perlakuan memberikan dengan komitmen dan perhatian," imbuh Weber, seperti dikutip dari Elite Daily.

Biasanya, bercinta dikaitkan dengan dua orang dengan komitmen hubungan pernikahan. Kedalaman emosi dan perasaan menjadi salah satu kunci utama dalam bercinta.

Eksplorasi seksual pun berlandaskan apa yang disukai dan nyaman buat pasangan. Tak terbatas pada eksplorasi tubuh, tetapi juga pikiran dan hatinya.

"[Anda akan tahu bahwa Anda sedang bercinta ketika] Anda sangat menyukai hal-hal yang dilakukan orang ini pada tubuh Anda: caranya berciuman, baunya, teknik seksualnya. Anda memiliki chemistry, dan semuanya panas," kata Gigi Eagle, seksolog dan penulis.

Having Sex

ilustrasi Bercinta, ilustrasi Hubungan Badan, ilustrasi Berhubungan Badan, ilustrasi Berhubungan Sex, ilustrasi Berhubungan Seks, ilustrasi Making Love, ilustrasi ML, ilustrasi Sex, ilustrasi SeksIlustrasi. Making love dan having sex adalah dua hal yang mirip tapi berbeda. (iStockphoto)

Bercinta akan terdengar berbeda dengan berhubungan seks. Hubungan seks tidak menuntut ikatan emosional dengan pasangan. Seperti dikutip dari Hello Relish, hubungan seks lebih menekankan kebutuhan biologis.

Hubungan seks, baik pada manusia maupun hewan, merupakan cara untuk memperoleh keturunan.

Namun, sebenarnya having sex bukanlah perkara mudah. Pasalnya, manusia kerap tidak bisa melepaskan emosinya begitu saja saat berhubungan seks.

Hubungan seks juga kerap dikaitkan dengan hubungan kasual atau hubungan tanpa komitmen jangka panjang. Anda mungkin kerap mendengar 'quickie', 'one night stand' atau relasi 'friends with benefit', semuanya merujuk pada hubungan seks.

Kendati demikian, keduanya bisa berjalan bersamaan meski sudah dalam hubungan berkomitmen sekalipun.

Misalnya, Anda dan pasangan tak selalu bercinta dalam setiap sesi panas di ranjang. Bercinta dilakukan dalam momen khusus yang memerlukan upaya lebih, termasuk mengatur suasana hati hingga rasa nyaman satu sama lain.

Bahkan, buat sebagian orang, bercinta terbilang lebih sakral daripada hubungan seks biasanya.

(els/asr)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER