Cara Diet Aman dan Mudah yang Buat Pipi Chubby jadi Tirus

tim | CNN Indonesia
Selasa, 07 Jun 2022 18:00 WIB
Pipi chubby sering kali bisa membuat perempuan jadi tak percaya diri. Tapi tenang ada beberapa jenis diet untuk membuat pipi chubby jadi tirus. Pipi chubby sering kali bisa membuat perempuan jadi tak percaya diri. Tapi tenang ada beberapa jenis diet untuk membuat pipi chubby jadi tirus.(Istockphoto/SementsovaLesia)
Jakarta, CNN Indonesia --

Pipi chubby sering kali bisa membuat perempuan jadi tak percaya diri. Bukan hanya dalam kehidupan nyata, tapi juga tak nyaman saat melihat dirinya sendiri di dalam foto.

Tapi tenang, pipi chubby juga bisa 'ditiruskan' dengan berbagai cara misalnya model hijab yang tepat atau makeup yang sesuai. Namun kalau Anda mau tirus permanen, ada baiknya untuk melakukan diet.

Terdapat ragam strategi diet untuk meniruskan pipi yang mendukung penurunan berat badan berkelanjutan, serta membantu wajah lebih ramping. Hindari menggunakan 'tali' atau perangkat peramping pipi yang sering dijual di pasaran demi meniruskan pipi.


"Orang yang kelebihan berat badan atau obesitas lebih cenderung terlihat lemak pada wajah mereka dibanding yang mempertahankan berat badan ideal. Jadi, sangat penting menjaga pola makan sehat dan seimbang untuk mendapatkan rahang yang indah dan wajah tirus," jelas Nivedita Dadu, dermatologis dari India.

Berikut tips diet untuk meniruskan pipi chubby agar terlihat lebih kurus:

1. Kurangi makan makanan asin
Saat berusaha diet untuk meniruskan pipi, kurang asupan garam. Pipi yang chubby bisa jadi merupakan hasil dari retensi air yang terjadi karena beberapa alasan, termasuk konsumsi garam. Ini termasuk dengan mengurangi aneka makanan atau camilan gurih.

Mengurangi asupan garam bisa membantu meminimalkan risiko kembung dan peradangan, serta membuat wajah lebih tirus.

2. Tidur 8 jam tiap malam
Kurang tidur dapat menyebabkan peningkatan kadar hormon stres kortisol.Penelitian telah menunjukkan bahwa kadar kortisol yang tinggi dapat meningkatkan nafsu makan dan mengubah metabolisme, menghasilkan peningkatan penyimpanan lemak.

3. Makan serat
Salah satu rekomendasi paling populer dalam diet untuk menurunkan berat badan dan melangsingkan wajah adalah dengan meniruskan pipi dengan meningkatkan asupan serat. Serat adalah zat dalam makanan nabati yang tidak diserap tubuh setelah mengonsumsinya.

Idealnya Anda harus mengonsumsi setidaknya 25 sampai 38 gram serat per hari dari sumber makanan kaya akan serat.

4. Senam wajah
Senam wajah bisa membantu diet mengecilkan pipi, memerangi penuaan, dan meningkatkan kekuatan otot di sekitarnya sehingga membuat pipi lebih ramping.

Beberapa senam wajah yang populer untuk membantu diet mengecilkan pipi seperti, menggembungkan pipi kemudian mendorong udara dari sisi kanan ke kiri lalu lakukan sebaliknya. Kemudian mengerutkan bibir ke kedua sisi bergantian.

Ada pula senam dengan menahan senyum sambil mengatupkan gigi selama beberapa detik. Studi lain menunjukkan bahwa latihan otot wajah dua kali sehari selama 8 minggu akan meningkatkan ketebalan otot dan peremajaan wajah.

5. Kardio
Seringkali lemak ekstra di wajah merupakan hasil dari kelebihan lemak tubuh. Salah satu latihan yang bisa membantu diet untuk meniruskan pipi adalah kardio atau aerobik, semua jenis aktivitas fisik yang meningkatkan detak jantung.

"Diet kaya protein, latihan kardio, dan minum banyak air adalah cara terbaik untuk mengurangi lemak wajah," tambah Nivedita.

KLIK DI SINI UNTUK ARTIKEL SELANJUTNYA

(chs/chs)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER