Gejala Cacar Monyet Disebut Mirip dengan Penyakit Menular Seksual

CNN Indonesia
Senin, 13 Jun 2022 10:00 WIB
Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (CDC) menyebut bahwa penyakit cacar monyet menimbulkan gejala yang mirip seperti penyakit menular seksual. Ilustrasi. Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (CDC) menyebut bahwa penyakit cacar monyet menimbulkan gejala yang mirip seperti penyakit menular seksual. (via REUTERS/CDC)
Jakarta, CNN Indonesia --

Penyakit cacar monyet yang ditemukan di sejumlah negara telah menimbulkan banyak kekhawatiran. Penyakit ini juga kerap disangkutpautkan dengan penyakit menular seksual.

Bahkan, baru-baru ini Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (CDC) mengungkap, beberapa pasien yang mengalami cacar monyet juga mengidap penyakit menular seksual.

Para dokter pun diminta untuk mengawasi dan menguji penyakit menular seksual maupun cacar monyet. Pasalnya, keduanya bisa sangat mirip.


Direktur CDC Rochelle Walensky, sebagaimana dilansir dari CNBC, mengatakan beberapa pasien cacar monyet juga memiliki infeksi sifilis, herpes, dan gonore atau klamidia. Ruam yang menjadi ciri cacar monyet juga bisa menyerupai herpes atau sifilis.

"Penting untuk diketahui bahwa kasus cacar monyet mungkin mirip dengan beberapa infeksi menular seksual dan dapat disalah artikan sebagai diagnosis lain," kata Walensky.

Oleh karena itu, pasien yang memiliki gejala tersebut harus dievaluasi untuk semua infeksi menular seksual serta cacar monyet.

"Penyedia layanan kesehatan tidak boleh mengesampingkan cacar monyet hanya karena pasien memiliki diagnosis lain atau IMS lain," kata Walensky.

Welensky menyebut, beberapa pasien saat ini mengalami ruam pada alat kelamin atau anus, bahkan sebelum mengalami gejala mirip flu. Dalam beberapa kasus, pasien juga mengalami ruam tanpa gejala yang mirip dengan flu.

Virus Monkeypox diyakini bisa menyebar melalui kontak langsung dengan luka, cairan tubuh, atau bahan seperti pakaian atau seprai. Walau begitu belum bisa dipastikan apakah virus dapat menyebar melalui kontak seksual seperti pada penyakit menular seksual.

(tst/asr)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER