Studi: Salah Pilih Karbohidrat Bisa Sebabkan Kanker Payudara

tim | CNN Indonesia
Jumat, 17 Jun 2022 12:00 WIB
Karbohidrat memang penting untuk tubuh. Tapi jika Anda mengonsumsi karbohidrat yang salah maka bisa menyebabkan kanker payudara. Karbohidrat memang penting untuk tubuh. Tapi jika Anda mengonsumsi karbohidrat yang salah maka bisa menyebabkan kanker payudara.(condesign/Pixabay)
Jakarta, CNN Indonesia --

Karbohidrat memang penting untuk tubuh. Tapi ada beberapa konsumsi karbohidrat penyebab kanker payudara.

Sebuah studi baru-baru ini menemukan, risiko terkena kanker payudara meningkat 20 persen akibat konsumsi karbohidrat penyebab kanker payudara. Para peneliti ini fokus pada perbedaan antara makanan nabati yang sehat, seperti biji-bijian, buah, sayuran, dan kacang-kacangan alami, dibandingkan dengan karbohidrat 'tidak sehat'.

Para peneliti, dilansir dari Nutrition Journal, melakukan pemantauan terhadap 65 ribu data wanita pascamenopause yang dilacak selama lebih dari dua dekade.


Hasilnya, peserta yang mengonsumsi makanan sehat memiliki risiko 14 persen lebih rendah terkena kanker payudara. Sementara, peserta dengan pola makan tidak sehat risiko terkena kanker payudara meningkat 20 persen lebih tinggi.

Temuan dari hasil penelitian ini pun konsisten di semua subtipe kanker payudara. Perlu diketahui bahwa para perempuan yang diteliti harus mengisi kuesioner diet selama rata-rata 21 tahun. Selama penelitian, 3.968 perempuan didiagnosa mengidap kanker payudara.

Hasil lengkap studi ini akan dipresentasikan pada acara Nutrition 2022 Live Online.

Salah satu peneliti Sanam Shah mengatakan bahwa mengurangi asupan karbohidrat olahan memang dapat membantu mencegah kanker. Namun, penelitian lanjutan diperlukan untuk menilai hubungan antara diet dan risiko kanker.

"Penelitian ini menyoroti bahwa meningkatkan konsumsi makanan nabati yang sehat dan mengurangi konsumsi makanan nabati dan hewani yang kurang sehat dapat membantu mencegah semua jenis kanker payudara," kata dia.

Dari penelitian ini, Anda bisa memilih berbagai jenis makanan yang sehat dan menghindari konsumsi karbohidrat penyebab kanker payudara.

 

(tst/chs)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER