7 Cara Efektif Cepat Tidur, Pasang Aromaterapi sampai Meditasi

tim | CNN Indonesia
Senin, 20 Jun 2022 16:00 WIB
Ketika mengalami sulit tidur malam atau insomnia, coba terapkan cara cepat tidur berikut ini. Ilustrasi. Ketika mengalami sulit tidur malam atau insomnia, coba terapkan cara cepat tidur berikut ini. (iStockphoto/Boris Jovanovic)
Jakarta, CNN Indonesia --

Tidur yang berkualitas memiliki manfaat baik bagi tubuh. Namun faktanya, masih banyak orang yang justru mengalami kesulitan tidur.

Orang yang sulit tidur akan membutuhkan waktu lama sampai bisa terlelap sehingga rentan mengurangi jam tidur.


Untuk menyiasatinya, ada cara cepat tidur yang bisa dilakukan. Mulai dari mempersiapkan suhu ruangan sampai menerapkan teknik pernapasan.

Dilansir dari Healthline, berikut cara yang bisa Anda praktikkan supaya lebih cepat tertidur pulas dan nyenyak.

1. Membatasi asupan kafein

Chamomile tea with dry and fresh chamomileIlustrasi. Cara cepat tidur malam dengan membatasi asupan kafein (iStockphoto/MKucova)

Jenis minuman tinggi kafein seperti kopi, teh, cokelat, minuman berenergi, hingga soda sebaiknya dibatasi atau tidak dikonsumsi menjelang tidur malam.

Meski efek kafein akan berbeda-beda pada setiap orang, disarankan untuk tidak mengonsumsinya 6 jam sebelum tidur.

Minuman alternatif lain yang direkomendasikan diminum adalah teh chamomile. Minuman herbal yang terbuat dari bunga chamomile ini memiliki efek baik untuk meningkatkan kualitas tidur menjadi lebih nyenyak.


2. Pasang aromaterapi

ilustrasi aromaterapi atau essential oilsIlustrasi. Cara cepat tidur ketika insomnia dengan menyalakan aromaterapi (iStockphoto/ Madeleine_Steinbach)

Aromaterapi yang menggunakan minyak esensial umumnya sudah banyak dimanfaatkan bagi mereka yang mengalami kesulitan tidur.

Selain dapat membantu mempercepat tidur, aromaterapi juga mampu memberikan efek menenangkan untuk relaksasi.

Anda dapat mencoba varian aroma lavender, bunga mawar, atau peppermint. Lalu biarkan uap aromaterapi menyebar ke ruang kamar supaya membuat Anda rileks dan memudahkan untuk terlelap.


3. Jauhkan gadget dari tempat tidur

Portrait of an upset woman reading a text message on her phone at night at homeIlustrasi. Cara agar cepat tidur sebaiknya menjauhkan gadget maupun elektronik lainnya di malam hari. (Istockphoto/ Dragana991)

Cara cepat tidur selanjutnya yaitu menjauhi semua alat elektronik atau aktivitas bermain gadget menjelang waktu tidur.

Perlu Anda tahu bahwa perangkat elektronik memancarkan cahaya biru atau blue light yang diklaim dapat menekan melatonin yaitu hormon pengatur pola tidur.

Anda bisa memanfaatkan mode 'bedtime' melalui ponsel yang secara otomatis dapat mematikan semua notifikasi ke perangkat.


4. Latihan meditasi

Shot of an attractive young woman practicing yoga at homeIlustrasi. Cara cepat tidur malam dengan bermeditasi (Istockphoto/PeopleImages)

Selain bermanfaat dalam mengelola stres, latihan meditasi dan yoga juga mempunyai manfaat baik dalam meningkatkan kualitas tidur.

Penelitian menunjukkan bahwa yoga memiliki efek positif pada parameter tidur seperti kualitas tidur, efisiensi tidur, dan durasi tidur yang lebih lama.

Begitu juga dengan meditasi. Praktik pelepasan pikiran ini bisa meningkatkan kadar melatonin dan membantu otak dalam mencapai keadaan tertentu sehingga tidur mudah dicapai.


5. Melakukan teknik pernapasan 4-7-8

Happy calm teen girl enjoying good smell or pleasant fragrance, serene mindful young woman taking deep breath feel no stress free inhaling fresh air relaxing isolated on white grey studio backgroundIlustrasi. Cara cepat tidur malam dengan mencoba teknik pernapasan (Istockphoto/fizkes)

Metode 4-7-8 adalah teknik pernapasan sederhana yang efektif memberi rasa tenang dan rileks bagi tubuh.

Anda dapat melakukan teknik pernapasan ini sebelum tidur. Tak hanya itu, cara ini juga ampuh melemaskan sistem saraf. Caranya bisa dicoba seperti berikut.

Tutup mulut dan tarik napas melalui hidung selama 4 hitungan, lalu tahan napas dalam 7 hitungan, kemudian buang napas dengan suara mendesis selama 8 hitungan sampai tubuh terasa rileks.


6. Turunkan suhu kamar tidur

Asian woman sleeping in bed at home and looking very peaceful - lifestyle conceptsIlustrasi. Cara cepat terlelap dengan menyesuaikan suhu kamar yang ideal untuk tidur (Istockphoto/andresr)

Suhu tubuh saat tertidur akan mengalami perubahan, sehingga suhu ruang kamar juga perlu disesuaikan.

Suhu ruang kamar tidur idealnya berada di 15-23 derajat Celcius. Tapi karena preferensi setiap orang bisa berbeda-beda, maka Anda dapat menyesuaikan masing-masing.

Selain itu, pastikan kondisi kamar tidur memang bersih, nyaman, dan tidak kotor karena faktor kebersihan dan kenyamanan kamar juga berpengaruh terhadap kualitas tidur.


7. Batasi waktu tidur siang

Ilustrasi ketiduran saat bekerjaIlustrasi. Cara cepat tidur malam dengan membatasi durasi tidur siang. (iStock/Satoshi-K)

Terlalu lama tidur siang ternyata mempunyai dampak serius pada kualitas tidur malam sehingga berpotensi insomnia.

Cara cepat tidur malam ini tentunya perlu dengan membatasi waktu tidur siang. Idealnya, durasi tidur siang sekitar 10-30 menit saja atau biasa disebut power nap.

Selain itu, Anda perlu menghindari tidur siang di atas pukul 4 sore supaya tidak mengganggu waktu tidur malam.

(avd/fef)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER