Menjawab 'Pertanyaan Abad Ini' : 5 Rekomendasi Oleh-oleh Jakarta

tim | CNN Indonesia
Rabu, 22 Jun 2022 21:00 WIB
Tenang, jangan keburu panik kalau ditanya soal rekomendasi oleh-oleh khas Jakarta, ini beberapa rekomendasinya buat kamu. Tenang, jangan keburu panik kalau ditanya soal rekomendasi oleh-oleh khas Jakarta, ini beberapa rekomendasinya buat kamu. (CNN Indonesia/ Adi Ibrahim)
Jakarta, CNN Indonesia --

Ketika pergi ke Yogya, oleh-olehnya bakpia atau gudeg, ke Bali oleh-olehnya pie susu. Tapi kalau Jakarta? Rasanya ini seperti pertanyaan abad ini, apa sih oleh-oleh khas Jakarta, bertepatan dengan HUT Jakarta 2022? 

Lalu apa yang harus dibawa orang Jakarta untuk oleh-oleh saat bertandang ke kota lain? Tenang, jangan keburu panik kalau ditanya soal rekomendasi oleh-oleh khas Jakarta. 

Kepala Seksi Pengawasan dan Pengendalian Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) DKI Jakarta, Iffan mengatakan bukan hal yang sulit sebenarnya untuk memikirkan oleh-oleh atau buah tangan asal Jakarta.  Jakarta juga punya segudang makanan khas yang mungkin masih kurang banyak diketahui masyarakat khususnya anak muda saat ini.


"Banyak loh, banyak sekali makanan yang bisa dibawa buat buah tangan. Siapa bilang bingung kalau mau bawa oleh-oleh khas Jakarta, ada banyak kok," kata Iffan saat dihubungi CNNIndonesia.com, Rabu (22/6).

Oleh-oleh khas Jakarta juga mudah dicari. Baik itu yang berbentuk makanan atau berupa souvenir. Oleh-oleh ini bisa didapat dan dibeli melalui media sosial atau mendatangi langsung pusat perbelanjaan.

"Bisa loh kalau mau beli oleh-oleh yang khas Jakarta banget datang saja ke Thamrin City, di sana banyak souvenir yang 'gue banget', 'aye banget'. Dari mulai miniatur Monas, miniatur bajaj, gantungan-gantungan kunci gitu," katanya.

Berikut ini beberapa oleh-oleh khas Jakarta yang direkomendasikan Disparekraf agar orang Jakarta tidak bingung lagi jika ditodong buah tangan oleh kawan di perantauan.

Rekomendasi oleh-oleh khas Jakarta:

1. Bir pletok

Beragam makanan khas Betawi dijajakan di sekitar tempat pemungutan suara 027, Kebagusan, Jakarta Selatan. Ragam makanan seperti kerak telur, dodol Betawi, peyek hingga bir pletok tersaji dengan lengkap dalam kegiatan bazaar itu. Sekelompok perempuan yang tergabung dalam Rumah Kreatif Kebagusan memang sengaja menyajikan makanan tersebut.Foto: CNN Indonesia/Gloria Safira Taylor
Bir pletok

Ini adalah salah satu oleh-oleh khas Jakarta yang perlu diketahui di HUT Jakarta 2022. Namanya memang seperti minum beralkohol, tapi bir pletok sama sekali tidak mengandung alkohol. Minuman ini terbuat dari campuran jahe, serai, dan daun pandan. Biasanya diberi kayu secang agar warnanya kemerahan.

2. Tape uli

Tape Ketan Hitam. Fermented black glutinous rice, a typical accompaniment for Tape Uli.Foto: iStockphoto/Edy Gunawan
Tape Ketan Hitam.

Makanan ini terbuat dari hasil peragian atau fermentasi. Rasanya khas dan cukup enak.

3. Aneka manisan

Ada dua macam manisan khas betawi, yakni manisan kering dan manisan basah. Untuk manisan kering ada manisan pepaya dan yang basah bisa juga dibilang manisan paling wajib yaitu buah atep atau biasa dikenal dengan manisan kolang kaling

4. Dodol betawi

Dodol Betawi plus wadah pembuatan dodol.Foto: CNN Indonesia/Elise Dwi Ratnasari
Dodol Betawi plus wadah pembuatan dodol.

Berbeda dengan dodol daerah lain, dodol Betawi memiliki warna hitam kecoklatan.

5. Kue satu

Terbuat dari tepung kacang hijau yang digerus dengan gula. Memiliki ragam motif mulai dari motif hewan hingga bunga.

Itu sederet rekomendasi oleh-oleh khas Jakarta yang perlu diketahui di HUT Jakarta 2022. Punya rekomendasi oleh-oleh khas Jakarta versi kamu? 

(tst/chs)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER