Keutamaan 10 Hari Pertama Bulan Zulhijah, Dosa Dua Tahun Diampuni

CNN Indonesia
Jumat, 01 Jul 2022 08:00 WIB
Ada banyak keutamaan bulan Zulhijjah. Salah satunya adalah diampuninya dosa selama dua tahun. Ilustrasi. Ada banyak keutamaan bulan Zulhijjah, utamanya pada sepuluh hari pertama. (istockphoto/cihatatceken)
Jakarta, CNN Indonesia --

Zulhijjah menjadi salah satu bulan yang dimuliakan Allah SWT. Ada banyak keutamaan bulan Zulhijjah, salah satunya pahala amalan saleh yang akan dilipat gandakan oleh Allah SWT.

Bulan dimana sebagian besar umat Muslim melaksanakan ibadah haji dan kurban ini juga termasuk istimewa. Oleh karena itu, sangat dianjurkan bagi Anda untuk beribadah seperti memperbanyak zikir dan berpuasa.

Sebagaimana dilansir dari NU Online, berikut ini beberapa keutamaan di bulan ke-12 dalam kalender Hijriah, sebagaimana yang dijelaskan oleh Wakil Rais Syuriyah Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Lumajang KH Ahmad Qusyairi.

"Sebagian ulama menyampaikan barang siapa berpuasa tanggal 1 sampai 9 Zulhijah, maka Allah akan muliakan dia dengan sepuluh perkara," kata Qusyairi.

Allah SWT disebutkan bisa memberikan keberkahan umur, harta yang melimpah, penghapusan dosa, hingga kemudahan dalam menghadapi kematian.

Allah SWT juga akan memberikan penerang di alam kubur hingga menaikkan derajatnya di dunia dan akhirat jika orang tersebut beribadah selama bulan Zulhijah.

Keutamaan 10 Hari Pertama Bulan Zulhijjah

Puasa bisa dilakukan pada tanggal 1-9 Zulhijah. Pada tanggal 8-9 bulan Zulhijah, umat Muslim dianjurkan menjalankan puasa Tarwiyah dan Arafah.

Berikut keutamaan puasa bulan Zulhijah.

1. Puasa hari ke-1, dapat ampunan

ilustrasi puasaIlustrasi. Ada beberapa keutamaan bulan Zulhijjah yang perlu diketahui. (iStockphoto/sguler)

Sebagaimana dalam hadis yang diriwayatkan dari sahabat Ibnu Abbas, tanggal pertama bulan Zulhijah merupakan hari saat Allah SWT mengampuni Nabi Adam. Maka orang yang berpuasa di hari tersebut akan mendapat keutamaan berupa pengampunan dosa.

2. Puasa hari ke-2, pahala satu tahun ibadah

Jika pada hari pertama merupakan pengampunan dosa, maka puasa hari kedua akan diberi pahala ibadah satu tahun.

3. Puasa hari ke-3, doa dikabulkan

Tanggal 3 Zulhijjah adalah hari saat Allah SWT mengabulkan doa Nabi Zakaria dan memberikannya keturunan. Allah akan mengabulkan semua doa yang dipanjatkan umatnya yang berpuasa pada hari tersebut.

4. Puasa hari ke-4, akan diberi kemuliaan

Orang yang berpuasa di hari keempat Zulhijah pada hari kiamat akan berdiri bersama orang-orang mulia.

5. Puasa hari ke-5, dibebaskan dari siksa kubur

Orang yang berpuasa di hari kelima akan dibebaskan dari kemunafikan dan siksa kubur. Hari ini juga merupakan hari lahirnya Nabi Musa AS.

6. Puasa hari ke-6, mendapat kasih sayang

Hari ke-6 bulan Zulhijah adalah hari saat Allah membuka kebaikan kepada para nabi. Orang yang berpuasa di hari tersebut akan diberi kasih sayang dan jauh dari siksaan.

7. Puasa hari ke-7, menutup pintu kesusahan

Allah akan membuka 30 pintu kemudahan dan menutup 30 pintu kesusahan bagi umatnya yang melaksanakan puasa Zulhijjah di hari ini.

8. Puasa hari ke-8, diberi pahala yang banyak

Di hari ke-8, umat Islam dianjurkan melaksanakan ibadah puasa Tarwiyah. Allah akan memberi pahala yang sangat banyak untuk umatnya yang berpuasa pada hari ini.

9. Puasa hari ke-9, dosa dua tahun akan diampuni

Hari kesembilan merupakan hari Arafah. Pada hari ini, mereka yang berpuasa akan diganjar pengampunan dosa selama dua tahun.

10. Berkurban pada hari ke-10

Allah akan mengampuni dosa orang yang berkurban sejak darah tetesan hewan kurban pertama.

Gif banner Allo Bank
(tst/asr)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER