Diabetes dan Infeksi Paru, Penyakit yang Sempat Diidap Tjahjo Kumolo

CNN Indonesia
Jumat, 01 Jul 2022 13:15 WIB
Sebelum meninggal dunia pada Jumat (1/7), Menpan RB Tjahjo Kumolo disebut mengidap beberapa jenis penyakit. Salah duanya adalah diabetes dan infeksi paru. Sebelum meninggal dunia, Menpan RB Tjahjo Kumolo disebut sempat mengalami diabetes dan infeksi paru. (CNNIndonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia --

Kabar duka datang dari salah satu menteri Presiden Joko Widodo. Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo meninggal dunia setelah menjalani perawatan intensif di RS Abdi Waluyo, Jakarta, selama kurang lebih dua pekan.

Tjahjo meninggal tepat hari ini, Jumat (1/7), akibat komplikasi berbagai penyakit yang dialami. Salah duanya adalah diabetes dan infeksi paru-paru.

"Awalnya kecapekan, letih, pekerjaan yang berat. Kemudian setelah jatuh sakit komplikasi, ada paru-paru, diabetes, asam urat. Orang sakit, kan, komplikasinya berarti multi organ, ya," papar politikus PDI Perjuangan Hendrawan Supratikno saat dikonfirmasi, Jumat (1/7).

Apa sebenarnya diabetes dan infeksi paru hingga bisa menyebabkan kondisi kesehatan seseorang memburuk?

1. Diabetes

Mengutip Mayo Clinic, diabetes merupakan penyakit yang berhubungan dengan gula darah. Saat seseorang mengalami diabetes berarti dia mengalami kenaikan gula darah hingga menyebabkan masalah kesehatan yang serius.

Ada dua jenis diabetes, diantaranya diabetes tipe 1 dan tipe 2. Diabetes tipe 2 menjadi jenis yang paling umum menyerang masyarakat karena disebabkan salah satunya oleh faktor gaya hidup.

Diabetes juga diketahui bisa menyebabkan komplikasi. Dilansir dari laman Center for Disease Prevention and Control (CDC), komplikasi kesehatan diabetes yang umum termasuk penyakit jantung, penyakit ginjal kronis, kerusakan saraf, dan masalah lain pada kaki, kesehatan mulut, penglihatan, pendengaran, dan kesehatan mental.

2. Infeksi paru

Ilustrasi ronsen paru-paruIlustrasi. Sebelum meninggal dunia, Menpan RB Tjahjo Kumolo sempat mengalami infeksi paru. (iStock/Chinnapong)

Infeksi paru merupakan kondisi saat patogen--baik jamur, bakteri, atau virus--masuk dan menyebabkan peradangan di jaringan paru-paru.

Pneumonia merupakan salah satu jenis infeksi paru yang paling umum. Pneumonia memengaruhi kantung udara kecil di organ paru-paru. Pneumonia umumnya disebabkan oleh bakteri.

Tak cuma bakteri, mengutip Healthline, virus juga bisa memicu infeksi paru berupa bronkitis. Kondisi ini umum terjadi pada kelompok anak.

Umumnya, infeksi paru menimbulkan penyakit yang cukup ringan. Namun, pada beberapa kondisi, penyakit bisa menjadi lebih serius, utamanya pada orang dengan daya tahan tubuh lemah atau orang dengan kondisi kronis tertentu.

Berikut beberapa jenis infeksi paru yang perlu diketahui:

- bronkitis
- bronkiolitis
- selesma
- influenza
- batuk rejan
- croup
- tuberkulosis
- pneumonia
- covid-19.

[Gambas:Video CNN]



(tst/asr)
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER