Apa Itu Visa Mujamalah: Arti dan Siapa yang Bisa Pakai Jalur Ini?

tim | CNN Indonesia
Rabu, 06 Jul 2022 08:09 WIB
Ibadah haji yang tengah berlangsung saat ini terganjal masalah soal visa Furoda atau visa mujamalah. Apa itu visa Mujamalah? Ibadah haji yang tengah berlangsung saat ini terganjal masalah soal visa Furoda atau visa mujamalah. Apa itu visa Mujamalah?(REUTERS/MOHAMMED SALEM)
Jakarta, CNN Indonesia --

Ibadah haji yang tengah berlangsung saat ini terganjal masalah soal visa Furoda atau visa mujamalah. Apa itu visa Mujamalah?

Mengacu pada UU No.8 tahun 2019, tentang penyelenggaraan Haji dan Umroh, Haji Furoda, yaitu Visa Haji yang kuotanya langsung dari pemerintah Arab Saudi tanpa bergantung dengan kuota resmi pemerintah.

Apa itu Visa Mujamalah?

Perlu diketahui, visa haji furoda disebut juga sebagai visa mujamalah atau haji tanpa antrean. Visa ini jelas berbeda dengan visa reguler dan juga visa haji plus.

Mengutip berbagai sumber visa haji furoda atau haji mujamalah adalah sebutan untuk program haji legal di luar kuota haji Pemerintah Indonesia. Calon haji yang menggunakan visa furoda ini berarti mendapatkan undangan dari Kerajaan Arab Saudi untuk bisa berhaji. Dengan kata lain, Haji Mujamalah, Haji Furoda sering dikenal dengan Haji Undangan.

Jamaah haji jalur haji furoda itu bisa disebut haji mandiri yang dikelola oleh travel haji resmi atau tidak resmi (berizin) atau yayasan yang memiliki afiliasi dengan Pemerintah Kerajaan Arab Saudi, atau bisa juga perorangan. Sifat jalur haji dengan visa furoda adalah resmi dan legal dalam perspektif aturan imigrasi pemerintah Arab Saudi.

Meski tak perlu antre seperti calon haji dengan visa lainnya, calon haji dengan visa furoda ini juga tak bisa berangkat sembarangan.

Apa itu visa Mujamalah? Sesuai dengan UU tersebut, untuk mengatur hal-hal yang tidak digunakan, warga negara Indonesia yang melaksanakan haji dengan visa haji mujamalah harus berangkat melalui Penyelenggara Ibadah Haji Khusus (PIHK) atau perusahaan travel yang telah terdaftar di Kementerian Agama Republik Indonesia.

Visa mujamalah tidak dikelola secara langsung oleh Kementerian Agama. Namun para jemaah tetap harus menggunakan jasa travel haji atau yayasan yang memiliki afiliasi langsung dengan pemerintah Kerajaan Arab Saudi, bahkan ada juga jalur perorangan.

Ada dua macam visa haji undangan atau mujamalah, yakni furoda atau visa mujamalah yang diberikan kepada para calon jamaah secara umum di seluruh negara dan visa undangan yang benar-benar khusus untuk tamu istimewa.

Infografis Waspada Heat Stroke saat Ibadah HajiFoto: Basith Subastian/CNNIndonesia

Siapa saja yang bisa dapat visa haji furoda atau visa mujamalah?

1. Visa furoda untuk masyarakat umum

Untuk kategori ini, para jemaah diwajibkan membayar paket program haji furoda. Tentunya untuk mendapatkan ini calon jemaah harus mengikuti program haji reguler kuota pemerintah.

2. Undangan khusus

Apa itu visa mujamalah? Visa haji undangan kerajaan khusus diberikan secara gratis kepada orang-orang tertentu. Visanya pun gratis dan memang hanya orang-orang tertentu yang diberikan keistimewaan oleh pemerintah kerajaan untuk mendapatkan visa undangan kerajaan ini.

Gif banner Allo BankFoto: Dok. Allo Bank

(chs/chs)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER