6 Kesalahan yang Sering Dilakukan saat Masak Daging Kambing Kurban

tim | CNN Indonesia
Minggu, 10 Jul 2022 16:40 WIB
Lebaran haji atau Idul Adha identik dengan hewan kurban. Memasak daging kambing menjadi salah satu ritual yang paling pas untuk menyambut hari raya ini. Lebaran haji atau Idul Adha identik dengan hewan kurban. Memasak daging kambing menjadi salah satu ritual yang paling pas untuk menyambut hari raya ini.(iStockphoto/Yamtono_Sardi)
Jakarta, CNN Indonesia --

Lebaran haji atau Idul Adha identik dengan hewan kurban. Memasak daging kambing menjadi salah satu ritual yang paling pas untuk menyambut hari raya ini.

Walau demikian, memasak kambing bukan hal yang mudah. Tidak peduli seberapa berpengalaman Anda, kesalahan ketika memasak daging kambing bisa saja datang, salah satunya daging yang terasa alot atau keras atau mungkin bau kambing yang tidak bisa hilang.

Berikut ini beberapa kesalahan yang bisa Anda lakukan saat memasak daging di hari raya Iduladha yang harus Anda hindari;

Kesalahan saat memasak daging kambing

1. Tidak menyimpan di suhu kamar sebelum memasak

Melansir The Kitchn, daging kambing beku harus disimpan di suhu kamar sebelum dimasak. Daging beku membuat waktu masak lebih panjang, potongan daging pun jadi tidak merata.

2. Marinasi terlalu lama

Marinasi daging dengan bumbu yang Anda sukai memang bagus agar rasanya menyerap sampai ke dalam. Tetapi Anda harus berhati-hati saat memarinasi daging di bumbu yang mengandung banyak asam dan garam.

Kedua bahan tersebut dapat memecah protein dalam daging domba yang empuk dengan cukup cepat dan merusak keutuhan daging, sehingga membuatnya menjadi bertepung dan lembek.

3. Mengiris daging dengan cara yang salah

Hindari mengiris daging dengan biji-bijian. Ini tidak hanya berlaku untuk kaki domba, tetapi juga untuk semua potongan daging. Ketika daging diiris dengan biji-bijian, seringkali menghasilkan potongan yang lebih keras dan kenyal.

4. Melewatkan bumbu

Melansir Mashed, daging kambing memiliki aroma dan rasa yang kuat. Ketika dibumbui dengan benar, rempah-rempah yang berani dapat mengimbangi rasa dan bau tersebut.

5. Dimasak terlalu matang

Semakin lama dimasak, daging kambing akan menjadi kering. Serat daging mengandung air dan jaringan ikat yang berubah menjadi gelatin saat daging dimasak. Ketika suhu mencapai titik tertentu, air itu mulai mendidih dan akhirnya menguap.

Cara terbaik untuk memastikan daging domba Anda tetap berair dan lembab adalah dengan menjaganya agar tidak mencapai suhu terlalu matang.

6. Menyajikan daging tanpa saus

Daging kambing memiliki rasa yang lebih kuat daripada ayam atau sapi, jadi Anda dapat mempertimbangkan untuk menyajikannya dengan saus. Saus dapat memberikan rasa pelengkap yang membuat rasa daging kambing terasa lebih enak.

(tst/chs)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER