5 Kebiasaan Sederhana yang Bikin Aging Gracefully

tim | CNN Indonesia
Senin, 11 Jul 2022 09:05 WIB
Memiliki kulit wajah, tubuh, dan pikiran yang sehat di usia tua menjadi idaman semua orang. Istilah kekiniannya aging gracefully. Memiliki kulit wajah, tubuh, dan pikiran yang sehat di usia tua menjadi idaman semua orang. Istilah kekiniannya aging gracefully. ( Ed Gregory)
Jakarta, CNN Indonesia --

Memiliki kulit wajah, tubuh, dan pikiran yang sehat di usia tua menjadi idaman semua orang. Istilah kekiniannya aging gracefully.

Tubuh dan pikiran yang sehat itu bisa Anda dapatkan salah satunya dengan cara melakukan beberapa kebiasaan baik di pagi hari.

Seorang dokter dari kedokteran geriatri di Texas Health Presbyterian Allen dan Texas Health Physicians Group, Jennifer Atmore mengatakan ada korelasi langsung antara kebiasaan menjalankan gaya hidup yang baik dengan kesehatan secara keseluruhan.

"Memulai hari dengan pencapaian kecil namun penting cenderung menentukan hari yang sukses," kata Atmore dilansir dari Livestrong.

Berikut beberapa kebiasaan sederhana yang baik dan bisa dilakukan di pagi hari agar masa tua Anda lebih sehat dan menyenangkan ;

Kebiasaan Sederhana agar Aging Gracefully

1. Minum secangkir kopi

Kopi di pagi hari bisa membuat Anda lebih bersemangat. Bukan cuma itu saja, kopi juga ternyata berkaitan dengan umur panjang.

Kopi kaya akan senyawa antioksidan. Anda akan menuai manfaat kesehatan terbesar dari kopi hitam biasa. Jika rasa kopi terlalu kuat, tambahkan satu sendok teh gula atau sedikit susu non dairy.

2. Makan Sarapan Gurih

Sebuah studi Februari 2019 di The American Journal of Clinical Nutrition menemukan, orang dewasa yang mendapatkan lebih dari 20 persen kalori harian dari gula memiliki risiko kematian 30 persen lebih tinggi. Angka ini dibandingkan dengan mereka yang menjaga asupan gula antara 7,5 dan 10 persen dari total kalori mereka.

Sarapan gurih sering memiliki manfaat tambahan karena proteinnya juga lebih tinggi.

3. Makan sambil membaca

Membaca adalah tugas mudah yang bisa dilakukan seseorang untuk meningkatkan stimulasi mental setiap hari. Orang dewasa yang sering membaca setidaknya sekali seminggu lebih kecil kemungkinannya mengalami penurunan kognitif 14 tahun kemudian.

4. Berdiri dengan satu kaki saat menyikat gigi

Berdiri dengan satu kaki akan membangun kekuatan kaki serta meningkatkan keseimbangan dan koordinasi.

5. Perbanyak minum air

Hindari efek negatif dari soda dan jus yang mengandung gula dan minumlah air sebagai gantinya. Kebiasaan sehat ini akan membantu menghidrasi sel dan menjaga kulit Anda tampak hebat. Minum air sebelum makan juga bisa membantu mengurangi nafsu makan Anda.

Ini adalah kebiasaan sederhana untuk aging gracefully alias menua dengan anggun dan sehat.

(tst/chs)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER