HARI CIUMAN INTERNASIONAL

Hati-hati, Ada 5 Penyakit yang Bisa Ditularkan Lewat Ciuman

CNN Indonesia
Rabu, 06 Jul 2022 19:00 WIB
Di luar keintiman yang diberikan, ciuman juga bisa jadi medium penularan penyakit. Ada beberapa penyakit yang bisa ditularkan lewat ciuman. Ilustrasi. Ada beberapa penyakit yang bisa ditularkan lewat ciuman. (iStockphoto/gradyreese)
Jakarta, CNN Indonesia --

International Kissing Day atau Hari Ciuman Internasional diperingati setiap tanggal 6 Juli. Ciuman jadi salah satu kontak fisik yang paling sering dilakukan pasangan.

Namun, di luar kenikmatan dan keintiman yang diberikan, ciuman juga bisa jadi medium penularan penyakit. Ada beberapa penyakit yang bisa ditularkan lewat ciuman.

"Ada penyakit menular seksual [PMS] yang bisa tersebar lewat kontak nonseksual [seperti berciuman], ada juga yang tersebar lewat kontak seksual," ujar ahli ginekologi, Martha Rac, menukil Health.

Penyakit yang Bisa Ditularkan Lewat Ciuman

Risiko penularan penyakit melalui ciuman lebih kecil daripada seks penetratif. Meski begitu, Anda tetap perlu berhati-hati.

Berikut beberapa penyakit yang perlu diwaspadai.

1. Herpes mulut (HSV-1)

Herpes mulut disebabkan oleh virus Herpes simplex virus tipe-1.

Herpes jenis ini bisa menimbulkan gejala seperti kulit yang melepuh di sekitar mulut. Namun pada beberapa kasus, penyakit ini tak menimbulkan gejala.

Seseorang punya risiko penularan yang lebih tinggi saat memiliki luka di mulut.

2. Sitomegalovirus

Sekali terinfeksi, virus satu ini akan tinggal di dalam tubuh seumur hidup. Mengutip Mayo Clinic, kebanyakan orang tak menyadari infeksi virus yang dialami karena jarang menimbulkan gejala.

Virus ini menyebar melalui cairan tubuh, salah satunya air liur yang bisa ditularkan melalui ciuman.

Infeksi ini akan memberikan dampak buruk pada ibu hamil karena bisa menularkan ke bayi yang dilahirkan. Bayi bisa lahir prematur, berat badan rendah, kulit kuning, fungsi hati terganggu, pneumonia, hingga kejang.

3. Sifilis

ilustrasi penyakit seksualIlustrasi. Sifilis, salah satu penyakit yang bisa ditularkan lewat ciuman. (Istockphoto/ Hailshadow)

Penyakit yang bisa ditularkan lewat ciuman selanjutnya adalah sifilis.

Sifilis bisa menular melalui kontak dengan luka. Luka ini biasanya terbentuk di sekitar penis, vagina, anus, rektum, dan mulut.

Beberapa kasus sifilis akan menimbulkan gejala seperti luka, rasa nyeri, ruam kulit, pembengkakan kelenjar getah bening, dan demam.

Namun, sifilis pada mulut relatif lebih jarang terjadi daripada di area lainnya.

Tak cuma PMS, ciuman juga bisa menularkan penyakit-penyakit lainnya. Berikut diantaranya.

4. Flu

Bukan rahasia lagi, influenza bisa menular melalui kontak dekat, utamanya melalui percikan air liur (droplet) orang yang terinfeksi.

Aktivitas ciuman memungkinkan kontak langsung antara air liur. Hal ini tentu meningkatkan risiko penularan.

5. Mononukleosis

Mononukleosis merupakan demam kelenjar yang disebabkan oleh virus Epstein-Barr. Ciuman atau kontak bibir menjadi salah satu medium penyaluran utama penyakit ini.

Mengutip Mayo Clinic, selain lewat ciuman, penyakit ini juga bisa tertular melalui kebiasaan berbagi peralatan makan.

Penyakit yang ditularkan melalui ciuman ini menimbulkan gejala seperti sakit tenggorokan, demam, pembengkakan amandel, sakit kepala, hingga ruam kulit.

(tim/asr)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER