PARIS COUTURE FASHION WEEK

Zuhair Murad dan Inspirasi Kosmis Seniman Daria Hlazatova asal Ukraina

Fandi Stuerz | CNN Indonesia
Kamis, 07 Jul 2022 15:45 WIB
Koleksinya di musim dingin 2022-2023, Zuhair Murad memanfaatkan imajinasi, simbol dan citra mistis zodiak dan menuangkannya ke dalam koleksi yang berwarna. Koleksinya di musim dingin 2022-2023, Zuhair Murad memanfaatkan imajinasi, simbol dan citra mistis zodiak dan menuangkannya ke dalam koleksi yang berwarna. ( Arsip Zuhair Murad)
Jakarta, CNN Indonesia --

Alam semesta menawarkan ide tanpa batas, ada satu hal yang kerap menjadi inspirasi bagi para desainer dan couturier adalah hal-hal yang tak kasat mata, mitos dan legenda, serta misteri kosmos dan perbintangan.

Mulai dari Elsa Schiaparelli dengan koleksi Zodiac-nya yang terkenal di tahun 1938, horoskop, tarot, dan seni 'membaca' telapak tangan dieksplorasi dan digali serta dimanipulasi menjadi kreasi kontruksi garmen berbagai bentuk dan rupa.

Untuk koleksinya di musim dingin 2022-2023, Zuhair Murad memanfaatkan imajinasi, simbol dan citra mistis zodiak dan menuangkannya ke dalam sebuah koleksi yang berwarna.

Terinspirasi dari karya-karya ethereal seniman asal Ukraina Daria Hlazatova, Zuhair Murad mengaplikasikan kesenian dua dimensi multiwarna ke dalam koleksi couturenya.

ia menggunakan material dan media familiar, yakni ribuan payet, kain-kain mewah seperti gazaar dan sutera, dan sulaman bermotif lambang zodiak, untuk menceritakan karyanya yang dibagi dalam sepuluh babak.

Bodysuit, jaket Karakous, gaun-gaun pendek dengan ekor menjuntai, hingga rok pendek dengan model wrap dipasangkan dengan boots setinggi paha. Jumpsuit serta gaun-gaun panjang disertai jubah dramatis, dengan beberapa tampilan berbahan tulle dihiasi dengan sulaman yang tampak seperti tato.

Motif zodiak Cancer (Zuhair Murad lahir di tanggal 15 Juli) juga menjadi motif dominan, dan seluruh siluet serta aura dari koleksi ini merupakan signature style dari sang desainer.

Selain memancarkan keanggunan, karya Zuhair Murad juga terkenal nyaman dipakai, dan hal ini menjadikannya desainer favorit untuk dua lokasi dimana mimpi, legenda, dan fantasi bisa menjadi nyata: karpet merah dan pelaminan.

Zuhair Murad Couture Fall - Winter 2022 - 2023Foto: Arsip Zuhair Murad
Zuhair Murad Couture Fall - Winter 2022 - 2023
Gif banner Allo BankFoto: Dok. Allo Bank
(chs/chs)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER