PARIS COUTURE FASHION WEEK

Daniel Roseberry dan Haute Couture Klasik Provokatif Schiaparelli

Fandi Stuerz | CNN Indonesia
Selasa, 05 Jul 2022 13:00 WIB
Warna hitam mengilat dari velvet dan kilau dari payet, gaun Adele menjadi sebuah leitmotif bagi Daniel Roseberry untuk koleksi haute couturenya yang teranyar. Dengan warna hitam mengilat dari velvet dan kilau dari payet, gaun Adele menjadi sebuah leitmotif bagi Daniel Roseberry untuk koleksi haute couturenya yang teranyar.(AP/Lewis Joly)
Paris, CNN Indonesia --

Pada Jumat malam (1/7) lalu, penyanyi asal Inggris Adele menjadi headline di BST Hyde Park Festival London, mengenakan gaun yang benar-benar menakjubkan. 

Ia memakai sebuah gaun beludru hitam menyapu lantai memiliki lengan panjang dengan potongan bahu dan leher halter.

Gaun ini diikat dengan ikat pinggang emas, dan bahan berkilauan membentuk rok yang terlihat mengembang di bawah korset. Adele juga mengenakan cincin dengan bentuk gigi geraham.

Seluruhnya merupakan kreasi Schiaparelli di bawah naungan sang desainer Daniel Roseberry.

Dengan warna hitam mengilat dari velvet dan kilau dari payet, gaun itu menjadi sebuah leitmotif bagi Daniel Roseberry untuk koleksi haute couturenya yang teranyar.

Pertunjukan couture Schiaparelli diadakan di Musee des Arts Decoratifs untuk menandai pameran retrospektif untuk merayakan mendiang Elsa Schiaparelli yang dengan shocking pink dan surealisme yang menjadi signature-nya.

Mulai tanggal 6 Juli, museum ini mengadakan pameran bertajuk "Shocking!The Surreal Worlds of Elsa Schiaparelli," menampilkan 577 karya termasuk 212 pakaian, di samping lukisan, patung, perhiasan, botol parfum, keramik, poster, dan foto yang ditandatangani oleh teman dan kolaboratornya, dari Man Ray hingga Salvador Dali dan Jean Cocteau.

Dihadiri oleh Rossy de Palma, Rita Ora, bintang Euphoria Hunter Schafer, model dan aktris Marisa Berenson yang juga merupakan cucu dari Elsa Schiaparelli, hingga Emma Watson, show Schiaparelli menjadi pembuka paris couture week yang dihelat oleh Federation de la Haute Couture et de la Mode (FHCM), badan yang mengelola industri fesyen di Prancis.

Melihat reaksi para penonton show yang disiarkan langsung melalui berbagai kanal media sosial, tampaknya Daniel Roseberry sukses membawa fantasi publik ke ranah couture.

Couture kerap diasosisasikan dengan kata mewah (diperlihatkan melalui potongan jaket pendek dengan bahu tajam berbahan beludru hitam, dihiasi dengan tone-on-tone bordir anggur hitam yang terinspirasi oleh arsip asli Elsa Schiaparelli). 

Gaya klasik (sebuah mantel beludru hitam dengan bahu tajam memiliki bordir trompe l'oeil bermotif laci lengkap dengan pegangan pembuka, terinspirasi dari setelan Bureau-Drawer karya Schiap di tahun 1936 yang merupakan kolaborasi perdana Elsa dengan Salvador Dali), hingga eksperimental dan berani (model asal jerman Rachel Marx mengenakan rok dan topi jerami, atasan yang hanya berupa glitter dust keemasan menutupi area dada, dengan seekor burung buatan yang hinggap di tangannya).

A model wears a creation for Schiaparelli's Haute Couture Fall/Winter 2022-2023 fashion collection, Monday, July 4, 2022 in Paris. (AP Photo/Lewis Joly)Foto: AP/Lewis Joly

Ada juga gaun yang seluruhnya terbuat dari untaian kristal dan manik-manik kaca perak dengan korset logam penuh bunga yang bertatahkan rhinestones.

Lalu muncul korset asimetris berbahan sutra yang melekat pada rok panjang beludru merah, dilengkapi sebuah kalung terdiri dari manik-manik merah dengan liontin berbentuk jantung berpernis merah yang dihiasi dengan rhinestones yang menutupi payudara kiri.

Topi boater berbahan jerami sinamay, aksesori emas berbentuk bola mata hingga tapal kuda melengkapi tampilan-tampilan yang elegan. Inilah mengapa gaun yang dikenakan Adele dilengkapi dengan aksesori berbentuk gigi.

Daniel Roseberry dengan lihai menggabungkan imajinasi dan kegilaan couture dengan siluet-siluet klasik dan familiar, tanpa terlihat seperti kostum. 

"Kita semua yang bekerja di bidang mode tahu bahwa sebagian besar dunia menganggap apa yang kita lakukan itu konyol. fashion terkadang konyol. Itu juga provokatif, menjungkirbalikkan, menantang, dan bermakna", ujarnya melalui shownote yang diterima CNNIndonesia.com.

Ia mencoba menggali kembali kreativitas yang polos, kekaguman yang dirasakan banyak orang ketika melihat fashion show yang menakjubkan untuk pertama kalinya.

Dan di tengah situasi dunia yang penuh tragedi, menciptakan sesuatu yang indah sah-sah saja.

Foto: AP/Lewis Joly

"(Keindahan) bukan satu-satunya bagian penting dari kehidupan, tentu saja, tetapi itu adalah bagian dari kehidupan. Dan untuk membuat hal-hal yang benar-benar indah sebenarnya tidak semudah itu. Itu adalah hak istimewa-dan saya bersyukur karenanya," pungkasnya.

A model wears a creation for Schiaparelli's Haute Couture Fall/Winter 2022-2023 fashion collection, Monday, July 4, 2022 in Paris. (AP Photo/Lewis Joly)Foto: AP/Lewis Joly
Gif banner Allo BankFoto: Dok. Allo Bank

(chs/chs)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER