Viral Tes Usia Mental, Apa Sih Artinya dan Link Tes Mental

tim | CNN Indonesia
Selasa, 12 Jul 2022 18:30 WIB
Baru-baru ini tes usia mental atau mental age test tengah ramai menjadi perbincangan di media sosial seperti Twitter dan TikTok. Berikut link dan artinya Baru-baru ini tes usia mental atau mental age test tengah ramai menjadi perbincangan di media sosial seperti Twitter dan TikTok. Berikut link dan artinya (iStockphoto/nastenkapeka)
Jakarta, CNN Indonesia --

Baru-baru ini tes usia mental atau mental age test tengah ramai menjadi perbincangan di media sosial seperti Twitter dan TikTok. Link tes usia mental Twitter bisa ditemukan secara online.

Banyak yang membagikan hasil dari tes mental tersebut ke akun medsos masing-masing. Namun, belum banyak yang tahu apa arti usia mental yang sebenarnya dan bagaimana cara mengenalinya.

Tes usia mental twitter tersebut ternyata dapat mengetahui seberapa tua kemampuan mental seseorang dibandingkan usia kronologisnya. Perbedaannya, usia kronologis bisa dihitung berdasarkan umur sejak kelahiran, sedangkan diperlukan indikator-indikator khusus untuk mengetahui usia mental seseorang.

Melansir arealme.com, usia mental merupakan ukuran kemampuan psikologis seseorang berdasarkan jumlah usia. Jika usia mental yang didapat seseorang 10 tahun, maka terlepas dari umur kronologisnya, ia memiliki kemampuan psikologis yang sama seperti anak berusia 10 tahun.

Arti Usia Mental

Menurut ilmu psikologi, sebenarnya terdapat tiga jenis usia yang berbeda di dalam diri manusia. Jenis usia itu adalah usia kronologis, usia biologis, dan usia mental.Usia mental adalah kemampuan mental seseorang dinyatakan dalam tahun dan berdasarkan perbandingan kinerja seseorang dengan rentang usia kronologis. Usia mental didasarkan pada usia dimana dibutuhkan rata-rata individu untuk mencapai tingkat pencapaian mental yang sama.

Konsep usia mental pertama kali dikembangkan oleh psikolog Prancis Alfred Binet. Ia mengatakan bahwa mental age merupakan tingkat perkembangan mental seseorang dibanding dengan orang lain yang seusianya.

Konsep usia mental pun kerap menjadi bahan perdebatan. Mereka yang percaya akan usia mental percaya bahwa setiap orang berkembang secara intelektual pada tingkat yang berbeda dan jalur perkembangan intelektual pada dasarnya sama untuk semua orang.

Mereka yang tidak setuju percaya bahwa masing-masing orang mungkin mengembangkan kemampuan intelektual tertentu lebih cepat daripada mereka mengembangkan kemampuan intelektual lainnya.

Link Tes Usia Mental

Untuk mengikuti tes yang viral ini, ada bisa menklik link tes usia mental twitter arealme.com memberikan semacam kuis dengan 31 pertanyaan yang berkaitan dengan kepribadian masing-masing.

Setelah terjawab semua, akan diberikan kesimpulan berupa usia mental yang dimiliki oleh orang tersebut. 

Jadi berapa usia mental Anda?

(del/chs)


[Gambas:Video CNN]
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER