Cara Check In Online untuk Garuda Indonesia dan Citilink

tim | CNN Indonesia
Kamis, 18 Agu 2022 16:00 WIB
Sekarang Anda tidak perlu lagi mengantre panjang di bandara untuk check in sebelum naik pesawat, sebab Anda bisa melakukan check in online. Pesawat Garuda Indonesia (Foto: CNN Indonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia --

Sebelumnya, untuk naik pesawat, check in mesti dilakukan di bandara. Penumpang mesti menghadapi antrean panjang untuk melakukan check in sebelum naik pesawat.

Sekarang, check in bisa dilakukan secara online. Banyak maskapai penerbangan yang sudah menerapkan check in online bagi penumpang.

Hal tersebut tentu memudahkan penumpang, karena tidak perlu repot lagi mengantre di bandara. Maskapai yang bisa melakukan check in online antara lain Garuda Indonesia dan Citilink.

Terdapat dua cara untuk melakukan check in online di Garuda Indonesia dan Citilink yakni lewat situs atau web maskapai tersebut dan aplikasinya.

Meski tidak perlu antre karena sudah melakukan check in online baik lewat situs atau aplikasi, penumpang tetap harus sudah berada di ruang tunggu bandar 40 menit sebelum waktu keberangkatan. Hal itu juga tertera pada boarding pass.

Garuda Indonesia memberlakukan check in online baik untuk penerbangan domestik maupun internasional, sedangkan untuk Citilink, layanan check in online hanya untuk penerbangan domestik.

Berikut syarat check in online Garuda Indonesia

Layanan check in online Garuda Indonesia tersedia mulai dari 48 jam sampai 2 jam sebelum waktu keberangkatan untuk penerbangan domestik, sedangkan untuk penerbangan internasional check in online berlaku mulai 48 jam hingga 4 jam sebelum waktu keberangkatan.

Sementara layanan check in online tidak tersedia untuk penumpang berikut:
- Penumpang yang tidak memiliki e-ticket.
- Bayi berumur di bawah dua tahun yang tidak tidak menempati tempat duduk.
- Penumpang yang membutuhkan bantuan khusus di bandara, misalnya; penumpang dalam kondisi hamil, anak-anak berusia kurang dari 12 tahun yang bepergian sendiri, Unaccompanied Minor (UM), membutuhkan kursi roda, stretcher case atau penanganan khusus lainnya di bandara.
- Penumpang dengan kode booking yang berisi lebih dari 9 orang atau group booking.

This illustration picture taken on November 15, 2019 shows the logo of a Garuda Indonesia Airbus A330 aircraft parked on the tarmac at the Airbus delivery center in Colomiers, southwestern France. (Photo by PASCAL PAVANI / AFP)Pesawat Garuda Indonesia. (Foto: PASCAL PAVANI / AFP)

Cara check in online Garuda Indonesia

1. Buka situs Garuda Indonesia, lalu pilih menu "Check In", baca ketentuan yang berlaku. 2. Centang kolom verifikasi dan pilih "Lanjutkan."
3. Tulis nama belakang atau "Last name" pada kolom yang tersedia.
4. Masukkan "Booking Reference Number" atau "E-ticker Number."
5. Pilih "Continue" atau "Lanjutkan". Nanti akan muncul tampilan Frequent Flyer dan kolom untuk mengubah tempat duduk.
6. Jika sudah selesai pilih "Konfirmasi Check In." Cetak bukti check in untuk ditunjukkan ke petugas bandara.

Cara Check In Online Citilink

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER