5 Wisata Indah Vanuatu, Negara yang Perdana Menterinya Mau Digulingkan

tim | CNN Indonesia
Jumat, 19 Agu 2022 17:00 WIB
Vanuatu merupakan negara kecil dengan berbagai jenis obyek wisata seperti gua, pantai, gunung berapi, air terjun, hingga desa wisata. Wisata di Vanuatu Air Terjun Mele Cascade. (Foto: iStockphoto/mvaligursky)
Jakarta, CNN Indonesia --

Negara Vanuatu sedang diperbincangkan karena sang perdana menteri, Bob Loughman, dikabarkan bakal digulingkan oleh parlemen.

Bob Loughman bukan sosok asing bagi Indonesia. Sebelumnya, dalam sidang Majelis Umum PBB, dia pernah mengkritik Indonesia soal pelanggaran hak asasi manusia di Papua.

Vanuatu diketahui merupakan negara kecil dengan luas wilayah hanya 12.199 kilometer persegi. Tapi, Vanuatu sebenarnya adalah negara kepulauan.

Kendati tergolong negara kecil, Vanuatu dikenal memiliki sejumlah obyek wisata yang indah. Bila Anda berniat mengunjungi Vanuatu, berikut 5 rekomendasi tempat wisata di negara masuk benua Oseania ini, dirangkum dari berbagai sumber.

1. Gunung Yasur

Gunung Yasur merupakan salah satu gunung berapi aktif di Vanuatu. Gunung ini punya keunikan karena hanya memiliki tinggi 361 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Untuk mencapai puncak Gunung Yasur, wisatawan tidak membutuhkan waktu yang lama. Dari puncak gunung, Anda bisa melihat langsung dari jarak dekat aktivitas vulkanik. Lokasi wisata Gunung Yasur berada di sisi tenggara Pulau Tanna.

The eruption of the volcano Yasur on Tanna Island, VanuatuWisata Gunung berapi Yasur di Vanuatu (Foto: iStockphoto/StanislavBeloglazov)

2. Pulau Misteri

Di sebelah selatan Vanuatu, terdapat pulau tak berpenghuni tapi punya pesona alam yang indah. Penduduk lokal menyebutnya Inyeung, namun kemudian menjadi terkenal dengan sebutan Pulau Misteri.

Kapal pesiar wisatawan kerap berhenti di Pulau Misteri. Selain itu, penduduk Pulau Aneityum yang lokasinya tidak jauh dari Pulau Misteri juga sering berlayar ke sana bila ada turis datang.

Anda bisa snorkeling di Pulau Misteri sambil melihat keindahan bawah lautnya. Selain itu, bersantai di tepi pantai juga tidak ada salahnya.

3. Air Terjun Mele Cascade

Selain pantai dan gunung, Vanuatu juga punya obyek wisata air terjun yang menjadi favorit turis. Namanya Air Terjun Mele Cascade dan dikenal punya pemandangan menakjubkan dengan ketinggian mencapai 35 meter.

Lokasi Air terjun Mele Cascade berjarak 10 kilometer dari Port Villa, ibu kota Vanuatu. Anda bisa berenang di kolam tempat air terjun itu mengalir. Airnya dingin dan jernih dan terdapat spot foto yang bagus.

4. Millennium Cave

Wisata gua juga bisa menjadi pilihan untuk Anda yang ingin menyambangi Vanuatu. Millennium Cave atau Gua Millenium adalah wisata yang terkenal di negara ini.

Gua Millenium berada di Luganville, Pulau Espiritu Santo. Selain punya pemandangan indah, gua ini memiliki lebar 20 meter dan tinggi 50 meter. Jika Anda memanjat sampai puncak gua, pesona hutan hujan akan terlihat dari sana.

5. Desa Yakel

Vanuatu masih memiliki desa yang masyarakatnya menolak memanfaatkan teknologi modern. Desa itu bernama Desa Yakel, yang terletak di Pulau Tanna.

Masyarakat Desa Yakel masih mempercayai budaya setempat yang mencakup agama, ekonomi, seni, dan sihir atau disebut kebudayaan Kastom. Apabila desa ini kedatangan turis, penduduk setempat akan menyambutnya dengan tarian tradisional Suku Yakel.

Setelah disambut tarian, penduduk Desa Yakel akan mengajak turis itu berkeliling sambil melihat dari dekat cara hidup dan kegiatan sehari-hari di Desa Yakel natural tanpa teknologi modern.

(wiw/wiw)


[Gambas:Video CNN]
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER