5 Cara Mengatasi Rambut Bau secara Alami

tim | CNN Indonesia
Minggu, 25 Sep 2022 08:00 WIB
Cara mengatasi rambut bau sebetulnya dapat Anda lakukan secara alami dengan bahan-bahan yang ada di sekitar. Berikut bahan dan langkah yang bisa dilakukan. Ilustrasi cara mengatasi rambut bau (Foto: iStockphoto/Alina Humeniuk)
Jakarta, CNN Indonesia --

Rambut yang bau padahal sudah keramas memang bikin kesal. Sampo mungkin jadi barang pertama yang Anda cari saat masalah tersebut melanda.

Sayangnya, terkadang sampo saja tidak cukup. Namun, jangan khawatir karena ada cara mengatasi rambut bau secara alami yang bisa Anda coba lakukan. Bahkan bahan-bahan alami ini dapat mudah ditemukan di sekitar rumah.

Mengetahui penyebab rambut bau apek adalah langkah awal agar penanganannya optimal.

Penyebab Rambut Bau

portrait of young asian man isolated on white backgroundIlustrasi. Penyebab rambut bau (Foto: iStockphoto/itakayuki)

Penyebab rambut bau mungkin tidak Anda sadari sebelumnya. Pada dasarnya, hal itu dapat terjadi karena adanya kontak dari minyak alami dengan hal-hal di luarnya.

1. Hiperhidrosis

Hiperhidrosis atau keringat berlebih akan membuat rambut bau. Terutama jika Anda tidak langsung membersihkannya setelah aktivitas berat atau sesudah olahraga.

Keringat berlebih akan bercampur dengan bakteri di kulit kepala dan menimbulkan bau yang tidak sedap.

2. Perubahan hormon

Perubahan hormon, misalnya pada wanita menopause, akan mengakibatkan produksi minyak berlebih di kelenjar kulit kepala. Ketika minyak itu menumpuk, bau akan tercipta.

3. Infeksi jamur

Jamur yang hidup di kulit kepala juga dapat menimbulkan bau. Jika tidak diatasi, jamur tersebut akan menyebabkan folikulitis, ketombe, hingga eksim.

4. Polusi

Polusi udara bukan hanya buruk bagi paru-paru, tapi juga rambut. Ketika partikel-partikel itu menempel dan bercampur dengan sebum atau minyak alami dari rambut, bau tidak sedap akan tercium.

5. Produk rambut

Produk rambut seperti pelembap yang mengandung wewangian dapat menyebabkan penumpukan minyak di kulit kepala. Jika tidak dibersihkan, alih-alih wangi, rambut Anda justru akan bau.

Cara Mengatasi Rambut Bau

Portrait of women which wash hair in a beauty salon.Hairdresser washing hair.Ilustrasi. Cara mengatasi rambut bau (Foto: Istockphoto/Ivanko_Brnjakovic)

Cara mengatasi rambut bau dengan cara alami di bawah ini bisa menjadi pertimbangan sebelum Anda datang ke dokter.

1. Sampo untuk kulit kepala bau

Dilansir Healthline, The American Academy of Dermatology (AAD) merekomendasikan sampo untuk rambut bau yang mengandung bahan-bahan berikut ini:

  • coal tar
  • ketoconazole
  • salicylic acid and sulfur
  • selenium sulfide
  • zinc pyrithione

Kandungan tersebut akan membantu menghilangkan ketombe atau dermatitis seboroik yang memicu bau di rambut.

2. Essential oil

Minyak esensial yang bersifat antimikroba membantu mengatasi dermatitis seboroik pada kulit kepala.

Minyak itu bisa didapatkan dari minyak pohon teh atau minyak serai. Hasil dari sebuah penelitian kecil terhadap 30 peserta menunjukkan bahwa tonik yang mengandung minyak serai efektif mengurangi ketombe.

Cara menggunakannya, campurkan 10 tetes minyak tersebut dengan sampo yang Anda gunakan. Pijat kulit kepala hingga merata dalam beberapa menit. Setelah itu, bilas hingga bersih.

3. Cuka sari apel

Apple cider vinegar isolated on white backgroundIlustrasi. Cara mengatasi rambut bau dengan cuka sari apel (Foto: Istockphoto/kellyreekolibry)

Cara mengatasi rambut bau selanjutnya adalah dengan cuka sari apel, karena dikenal karena membantu menurunkan berat badan dan mengontrol kadar gula darah.

Cuka sari apel pun memiliki sifat antimikroba yang akan membantu membersihkan kulit kepala sehingga terhindar dari bau.

Namun, jika Anda memiliki eksim sebaiknya hindari bahan tersebut. Sejumlah penelitian juga menunjukkan orang-orang tertentu mungkin mengalami iritasi saat menggunakan cuka sari apel.

Untuk mengetahui dampaknya, Anda dapat mengencerkan bahan tersebut dengan air sebelum mengoleskannya ke salah satu bagian kulit, seperti siku. Tunggu selama 24 hingga 48 jam untuk melihat adanya reaksi atau tidak sebelum menggunakannya di kulit kepala.

Jika tidak ada reaksi dari kulit, Anda dapat memasukkan campuran cuka tersebut ke dalam botol semprotan. Lalu semprotkan ke kepala secara merata sebelum mandi. Diamkan 30 hingga 45 menit, lalu bilas hingga bersih.

4. Lemon

Lemon memiliki sifat antimikroba yang dapat mengurangi bakteri penghasil bau di rambut.

Caranya, peras sepotong lemon di atas kepala, lalu oles dan pijat merata. Setelahnya, bungkus dengan handuk yang sebelumnya direndam di air hangat. Diamkan selama 20 menit, lalu cuci hingga bersih.

Namun, gunakanlah dengan hati-hati karena buah ini sama seperti buah asam lainnya yang dapat membuat kulit lebih sensitif.

5. Lidah buaya

Aloe vera sliced and aloevera gel on wood table background.Ilustrasi. Cara mengatasi rambut bau dengan lidah buaya (Foto: iStockphoto/Everyday better to do everything)

Lidah buaya kaya akan manfaat, mulai dari melancarkan buang air besar, meredakan gatal dan ruam, mempercepat penyembuhan luka, mengatasi mata bengkak, hingga menghilangkan jerawat dan ketombe.

Sejumlah penelitian menyebutkan lidah buaya efektif mengatasi dermatitis seboroik pada beberapa orang. Hal ini karena sifat antiseptik dan antiinflamasinya.

Cara penggunaannya, oleskan daging lidah buaya ke kulit kepala dan seluruh rambut. Pijat perlahan lalu diamkan selama 30 menit. Setelah itu bilas hingga bersih. Anda dapat menggunakannya 2 hingga 3 kali dalam sepekan untuk hasil maksimal.

Demikian cara mengatasi rambut bau secara alami yang dapat Anda coba. Jika cara-cara di atas tidak berhasil, Anda dapat mendatangi dokter untuk mengevaluasi lebih lanjut kondisi yang Anda alami. Dengan begitu, Anda bisa dapatkan pengobatan yang tepat. 

(nfl/juh)


[Gambas:Video CNN]
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER