7 Tanda Otak Lebih Tua atau Muda dari Umur Kamu

tim | CNN Indonesia
Minggu, 25 Sep 2022 19:28 WIB
Sains menunjukkan otak dapat menua pada tingkat yang berbeda dari usia bergantung kesehatan, gaya hidup, dan kepribadian. Sains menunjukkan otak dapat menua pada tingkat yang berbeda dari usia bergantung kesehatan, gaya hidup, dan kepribadian. Ilustrasi. (Allan Ajifo/Wikimedia Commons).
Jakarta, CNN Indonesia --

Pertambahan usia biasanya identik dengan kondisi otak yang semakin menua. Namun, sains menunjukkan bahwa otak pada dasarnya dapat menua pada tingkat yang berbeda dari usia kita.

Mengutip Prevention, penuaan otak bergantung pada kesehatan, gaya hidup, dan kepribadian seseorang. Anda bisa menjadi jauh lebih muda atau lebih tua secara usia otak daripada umur Anda sesungguhnya.

Lantas apa tanda otak lebih tua atau lebih muda dari umur Anda?

1. Merasa Lebih Muda dari Usia Anda

Tanda pertama usia otak lebih muda dari usia sebenarnya adalah ketika Anda merasa lebih muda dari usia biologis Anda. Kondisi ini disebut usia subyektif.

Studi Seoul National University dan Yonsei University di Korea Selatan menemukan bahwa orang yang merasa lebih muda dari usia mereka menunjukkan lebih sedikit tanda-tanda penuaan otak fisik seiring berjalannya waktu. Dengan kata lain, usia subyektif yang muda berdampak positif pada cara kerja otak dan dan seberapa cepat otak menua secara struktural.

Para peneliti mengatakan bahwa semakin Anda berpikir bahwa Anda muda dan semakin Anda aktif secara fisik dan mental, maka otak akan semakin sehat. Maka dari itu, Anda disarankan melakukan aktivitas yang membuat merasa muda, seperti mendengarkan lagu-lagu pada saat Anda remaja.

2. Berbicara Lebih dari 1 Bahasa

Penelitian di Kanada dan Spanyol menemukan bahwa seseorang bilingual memiliki koneksi saraf yang lebih terpusat dan terspesialisasi. Hal ini disebabkan otak memilih informasi yang lebih efisien saat berbicara dengan dua bahasa. Dengan begitu, otak akan menghemat energi dan membuatnya tetap muda.

3. Hidup Penuh Kesadaran

Latihan mindfulness dapat membuat Anda sadar dan fokus pada situasi saat ini. Kondisi ini dapat membuat materi abu-abu dalam otak yang penting untuk memori dapat lebih terjaga.

Studi Australian National University menemukan bahwa ketika bermeditasi, Anda dapat mengurangi stres. Meditasi juga dapat merangsang percabangan dendritik, di mana neuron membentuk cabang dendritik baru dan membuat sinapsis baru. Kondisi ini membantu sel berkomunikasi satu sama lain dan meningkatkan materi abu-abu otak.

Cobalah bermeditasi segera setelah bangun dari tempat tidur selama sepuluh menit untuk memberikan otak Anda awal yang damai dan produktif setiap hari.

4. Sinis

Salah satu tanda bahwa otak lebih tua dari usia biologis ketika Anda sini. Penelitian di Finlandia menemukan bahwa orang tua yang sangat sinis tidak hanya memiliki tingkat penurunan kognitif yang lebih tinggi, tetapi juga cenderung meninggal pada usia yang lebih muda.

Mengapa? Stres negatif bisa menjadi biang keladinya. Kortisol memiliki efek yang sangat tidak sehat pada otak dan menghentikan Anda untuk berpikir jernih.

5. Tidak Konsentrasi

Tanda lainnya bahwa otak lebih tua dari usia biologis adalah tidak konsentrasi. Sebuah studi menemukan bahwa mudah mengalihkan perhatian adalah tanda penuaan kognitif.

Sifat ini dapat muncul di otak sejak usia 30 tahun, dan bisa menjadi salah satu tanda Alzheimer.

6. Pelupa

Ketika orang lain sering mengingatkan bahwa Anda lupa akan sesuatu, bisa jadi itu pertanda otak lebih tua dibandingkan umur Anda. Ahli neurologi di Elkhart, Indiana mengatakan seseorang yang memiliki masalah ingatan biasanya tidak menyadari kondisi tersebut.

Maka dari itu, penting untuk tidak mengabaikan ketika orang lain mengatakan bahwa Anda melupakan sesuatu.

7. Lelah di Siang Hari

Tanda lainnya bahwa otak lebih tua dari umur biologi adalah Anda sering merasa lelah di siang hari. Kantuk di siang hari tidak hanya berarti otak Anda tidak mendapatkan istirahat "pembersihan" restoratif yang tepat yang dibutuhkan di malam hari, tetapi juga dapat menyebabkan perubahan fisik otak langsung yang terkait dengan penuaan. 

(fby/sfr)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER