Enak Tapi Berbahaya, Ada 9 Makanan Pemicu Amandel Meradang

tim | CNN Indonesia
Jumat, 30 Sep 2022 10:00 WIB
Kalau sudah kena radang amandel pasti tak nyaman rasanya. Waspada makanan pemicu amandel. Kalau sudah kena radang amandel pasti tak nyaman rasanya. Waspada makanan pemicu amandel. (Getty Images/iStockphoto/Doucefleur)
Jakarta, CNN Indonesia --

Kalau sudah kena radang amandel pasti tak nyaman rasanya. Waspada makanan pemicu amandel.

Amandel yang meradang berarti ada dua benjolan jaringan oval di bagian belakang tenggorokan Anda.

Amandel yang membengkak dapat menyebabkan sakit tenggorokan dan nyeri saat menelan. Hal ini membuat Anda jadi sulit makan. Sebenarnya amandel yang meradang ini bisa dicegah dengan konsumsi makanan yang tak memicu amandel dan juga pola hidup sehat.

Perhatikan apa yang Anda makan. Makanan yang memicu peradangan atau sulit untuk ditelan dapat memperburuk gejala tonsilitis atau amandel.

Namun apa saja makanan pemicu amandel?

1. Keripik

Jika amandel Anda sensitif maka ada baiknya makanan renyah dan keras. Jauhi sementara keripik kentang, popcorn, dan makanan lainnya yang berpotensi untuk menyakitkan untuk ditelan.

2. Makanan asam

Mengutip berbagai sumber, buah dan jus buah dengan asam tinggi seperti tomat, jeruk, grapefruits, limau dan lemon adalah beberapa minuman dan makanan yang dapat mengiritasi mulut dan tenggorokan Anda.

3. Susu atau produk susu tinggi lemak

Produk susu yang tinggi lemak dapat meningkatkan produksi lendir, yang dapat membuat menelan lebih sulit.

4. Minuman dingin dan bersoda

Sudah bukan rahasia kalau minuman dingin bisa membuat amandel meradang. Tak cuma itu, hindari juga sementara minuman bersoda.

5. Makanan asam

Makanan yang asam menjadi salah satu makanan pemicu amandel.

Jika dikonsumsi dalam jumlah besar, asam yang ada dalam tomat dapat mengiritasi lapisan tenggorokan dan menyebabkan radang amandel menjadi lebih buruk. Selain itu hindari juga acar karena mengandung cuka dan garam yang cukup banyak.

6. Buah-buahan asam

Buah-buahan seperti tomat, jeruk, nanas, mangga, termasuk olahan jusnya juga bisa memicu amandel meradang. Jeruk, nanas dan mangga memiliki jumlah asam yang cukup banyak dan secara alami bersifat asam.

Buah-buahan asam memiliki kemampuan untuk lebih mengiritasi tenggorokan Anda yang sudah teriritasi.

7. Makanan berminyak

Hindari makanan ringan yang digoreng dalam atau dangkal seperti roti, ayam goreng, samosa karena dapat mengiritasi kelenjar getah bening (amandel).

8. Makanan pedas dan berbumbu kuat

Hindari makan makanan pedas jika tak ingin memicu peradangan amandel. Makanan pedas dan berbumbu kuat akan membuat amandel menghasilkan batuk yang bisa menyakitkan.

9. Makanan berpengawet

Lebih baik pilih makanan segar yang dikukus sampai lembut untuk melindungi amandel Anda. Ini juga menjadi makanan pemicu amandel.

(chs/chs)


[Gambas:Video CNN]
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER