5 Negara Penghasil Kopi Terbesar di Dunia, Indonesia Peringkat Berapa?

tim | CNN Indonesia
Sabtu, 01 Okt 2022 16:30 WIB
Memperingati Hari Kopi Sedunia yang jatuh pada 1 Oktober, tak salah kiranya kita mengenal negara-negara mana saja yang memproduksi kopi besar-besaran. Ilustrasi biji kopi. (Foto: Alexas_Fotos/Pixabay)
Jakarta, CNN Indonesia --

Minum kopi menjadi salah satu kegiatan favorit sebagian warga dunia. Bukan rahasia lagi bahwa kopi begitu digemari masyarakat dunia, termasuk di Indonesia.

Untuk alasan itu pula beberapa tahun belakangan keberadaan coffee shop di tanah air begitu berkembang pesat. Tak heran, Indonesia juga dikenal sebagai salah satu negara produsen kopi terbesar di dunia.

Memperingati Hari Kopi Sedunia yang jatuh pada 1 Oktober, tak salah kiranya kita mengenal negara-negara mana saja selain Indonesia yang juga penghasil kopi terbesar di dunia.

Dalam data Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA) pada 2020, lebih dari 70 negara di dunia memproduksi kopi. Tapi, hanya beberapa negara yang menjadi produsen kopi terbesar di dunia.

Berikut 5 negara teratas penghasil kopi terbesar di dunia, seperti dirangkum berbagai sumber.

1. Brasil

Brasil memiliki luas perkebunan kopi sekitar 27.000 kilometer persegi, yang tersebar di beberapa daerah seperti Parana, Sao Paulo, dan Minas Gerais. Produksi kopi Brasil pada 2020 mencapai 63,4 juta karung berukuran 60 kilogram.

Brasil punya perbedaan dalam mengolah kopi dibanding negara produsen kopi lainnya. Kopi dikeringkan di bawah sinar matahari langsung tanpa dicuci. Hal itu membuat cita rasa kopi Brasil memiliki ciri khas.

2. Vietnam

Bermacam jenis kopi yang ditawarkan, pembeli dapat memilih jenis kopi yang diinginkan di warung kopi Kinh Chao Quy Khach, Ho Chi Minh City, Vietnam. CNN Indonesia/Safir MakkiBerbagai jenis kopi di Vietnam (Foto: CNN Indonesia/Safir Makki)

Pada 2020, Vietnam mampu menghasilkan 29 juta karung kopi. Produksinya meningkat setiap tahun. Jenis yang banyak dihasilkan Vietnam adalah biji kopi robusta, di mana harganya tergolong murah.

Kopi jenis robusta mengandung kafein dua kali lipat lebih banyak dibandingkan dengan jenis arabika. Vietnam merupakan penghasil kopi robusta nomor satu di dunia, di mana produksi untuk globalnya mencapai 40 persen pada periode 2019-2020.

3. Indonesia

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), kopi yang diproduksi Indonesia jumlahnya mencapai 774,60 ribu ton atau 11,95 juta karung pada 2020. Indonesia juga disebut sebagai negara pengekspor kopi terbesar di dunia. Tujuan ekspor kopi Indonesia ke Amerika Serikat, Jepang, Spanyol, dan lain-lain.

Provinsi di Indonesia yang juga penyumbang produksi kopi terbesar yakni Sumatera Selatan, di mana daerah itu menghasilkan 201,40 ribu ton sepanjang 2021. Tingkat konsumsi kopi di tanah air juga terbilang tinggi di dunia bersama Brasil.

4. Uganda

Ilustrasi kopiIlustrasi kopi. (Foto: iStock/Davizro)

Sepanjang 2020, salah satu negara Benua Afrika, Uganda sanggup memproduksi kopi sebanyak 6,1 juta karung. Petani kopi di Uganda jumlahnya banyak, sehingga berbanding lurus dengan produksi kopi yang dihasilkan negara tersebut.

Setidaknya terdapat 1,7 juta petani kopi di Uganda yang cukup aktif memproduksi kopi. Menurut Organisasi Kopi Internasional, petani kopi di Uganda jumlahnya terbesar kedua di dunia setelah Ethiopia.

5. Meksiko

Meksiko bukan hanya dikenal sebagai salah satu negara konsumen kopi terbanyak di dunia, tetapi juga yang memproduksinya. Negara ini memang kental dengan peminum kopinya yang khas.

Namun, sepanjang 2020, Meksiko juga menghasilkan 4 juta karung kopi. Angka produksi yang tinggi itu juga untuk mengimbangi besarnya angka konsumsi kopi di Meksiko. Organisasi Kopi Internasional pada 2019 menempatkan Meksiko di posisi keempat negara terbesar konsumsi kopi.

(wiw/wiw)


[Gambas:Video CNN]
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER