Penyebab Jerawat di Dagu dan Cara Mengatasinya

tim | CNN Indonesia
Kamis, 06 Okt 2022 13:15 WIB
Paling sering jerawat muncul berulang di dagu. Lantas apa sih sebenarnya penyebab jerawat di dagu? Berikut penyebab dan cara mengatasinya. Ilustrasi. Penyebab jerawat muncul di dagu dan cara mengatasinya. (Foto: iStockphoto/patchanan promunat)
Jakarta, CNN Indonesia --

Di mana pun lokasi munculnya, jerawat selalu mengganggu. Paling sering, jerawat muncul berulang di dagu. Lantas apa sih sebenarnya penyebab jerawat di dagu?

Pada dasarnya, jerawat bisa tumbuh akibat penyumbatan minyak dan sel-sel kulit mati di pori-pori. Ketika penumpukan sel kulit mati terus terjadi dan tidak mendapatkan perawatan yang tepat, terjadilah jerawat.

Untuk kasus jerawat dagu, biasanya kemunculannya juga dipengaruhi faktor hormonal. Wanita dan remaja paling sering mengalami jerawat di dagu.

Sebab wanita cenderung mengalami fluktuasi hormon yang ekstrem pada waktu-waktu tertentu, seperti ketika menstruasi, hamil, berhenti mengonsumsi pil KB, hingga fase menopause.

Begitu pula dengan remaja yang selama masa pubertas terjadi ketidakseimbangan produksi hormon di dalam tubuhnya.


Penyebab Jerawat di Dagu

Ilustrasi jerawatIlustrasi. Penyebab jerawat dagu (Foto: iStockphoto/RyanKing999)

Bila Anda mengalaminya, berikut faktor penyebab jerawat yang muncul di dagu dan cara mengatasinya untuk Anda tahu.

1. Hormon

Penelitian menunjukkan bahwa jerawat di dagu dan rahang dapat disebabkan oleh ketidakstabilan hormon. Kondisi ini biasa terjadi pada wanita dan remaja pada masa pubertas dan menstruasi karena lonjakan hormon androgen.

Mengutip Medical News Today, naiknya kadar androgen dapat memicu produksi sebum yang lebih tinggi, perubahan aktivitas sel kulit, menyebabkan peradangan. Kondisi ini dapat menyebabkan jerawat di dagu.

2. Salah menggunakan produk skincare

Penyebab lain yang dapat menjadi pemicu munculnya jerawat di dagu adalah akibat salah pemakaian produk. Menggunakan produk dengan kandungan asal-asalan dapat berdampak pada kulit.

Sebelum menggunakan produk skincare, baiknya cek terlebih dahulu kandungan apa saja yang ada di dalamnya. Kemudian, pastikan kandungan aktif tersebut cocok dengan jenis serta kondisi kulit Anda.


3. Penggunaan kosmetik berlebihan

Pemilik tipe wajah berminyak akan cenderung lebih rentan terhadap munculnya jerawat. Oleh sebab itu, Anda diharuskan selektif dalammenggunakan produk kosmetik.

Pastikan kosmetik yang dipilih bersifat tidak menyumbat pori-pori atau non-comedogenic. Selain itu, pastikan Anda membersihkan kulit dengan baik dan benar setelah menggunakan make up.

Hal ini dilakukan agar sisa make up dan kotoran tidak tersisa di kulit wajah dan mengakibatkan jerawat.


4. Stres

Penyebab jerawat di dagu lainnya adalah stres berlebih. Tidak hanya berdampak pada kesehatan mental, stres juga memberikan efek pada kulit.

Mengutip laman WebMd, stres merangsang hormon kortisol sehingga membuatnya memproduksi lebih banyak minyak. Kulit berminyak lebih rentan terhadap jerawat dan masalah kulit lainnya.

Untuk itu, jika Anda mulai merasa stres segeralah mencari hal-hal yang Anda sukai. Hal ini berguna untuk memperbaiki mood dan mengurangi stres serta mengembalikan kesehatan kulit.

Cara Menghilangkan Jerawat di Dagu

Ilustrasi gelIlustrasi. Cara mengatasi jerawat dagu (Foto: iStock/HappyNati)

Setelah mengetahui penyebabnya, maka Anda perlu mengetahui cara mengatasinya. Hal ini agar jerawat di dagu dapat segera diatasi dengan solusi yang tepat.

1. Menggunakan obat jerawat

Mengatasi jerawat yang muncul di dagu maupun area lainnya adalah dengan mengaplikasikan obat pada kulit yang berjerawat.

Mengutip Healthline, umumnya obat jerawat mengandung bahan-bahan:

  • Retinoid, kandungan yang berasa dari turunan vitamin A ini efektif mencegah penyumbatan pori
  • Benzoyl peroxide, kandungan yang dapat mengatasi jerawat dengan cepat. Bahkan untuk kasus jerawat yang parah dan bernanah
  • Sulfur, kandungan ini dapat membantu mengurangi inflamasi yang terjadi pada jerawat
  • Antibiotik, efektif membunuh bakteri dan mengurangi kemerahan di kulit akibat jerawat.

2. Cuci muka dengan baik dan benar

Siapa yang masih beranggapan bahwa lebih sering mencuci muka akan membuatnya semakin bersih?

Justru mencuci muka yang ideal dilakukan maksimal dua kali sehari saja, yakni di pagi dan malam hari sebelum tidur.

Mencuci muka di pagi hari dengan sabun dapat mengangkat sisa kotoran dan minyak yang mengendap di kulit saat tidur. Selain itu, cuci muka di pagi hari membuat wajah jadi segar.

Sementara membersihkan dan mencuci muka setelah beraktivitas membantu mengangkat kotoran yang menempel di wajah sehingga kulit lebih bersih sekaligus meningkatkan efektivitas skincare yang digunakan.


3. Perbaiki pola hidup

Penyebab lain dari munculnya jerawat adalah buruknya pola hidup yang dijalani. Misalnya terlalu banyak konsumsi makanan manis, gorengan, kurang menjaga kebersihan, sering begadang, dan melakukan diet yang tidak sehat.

Semua hal ini tidak hanya berdampak pada kesehatan tubuh, tetapi juga dapat berdampak pada kondisi kulit.

Jika saat ini Anda sedang menjalani pemulihan jerawat, maka ini adalah waktu yang paling tepat untuk Anda memperbaiki pola hidup menjadi lebih sehat dan teratur.

Itulah penyebab jerawat di dagu dan cara mengatasinya yang perlu Anda tahu agar kulit kembali sehat dan terhindar dari problem jerawat.

(ira/fef)


[Gambas:Video CNN]
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER