9 Obat Batuk Pilek Alami, Bantu Redakan Gejalanya

tim | CNN Indonesia
Kamis, 06 Okt 2022 15:15 WIB
Anda tak perlu buru-buru minum berbagai macam obat saat batuk dan pilek. Pasalnya, ada obat batuk pilek alami yang bisa dicoba. Ilustrasi. Obat batuk pilek alami (Foto: IStockphoto/ AaronAmat)
Jakarta, CNN Indonesia --

Saat batuk dan pilek, sebaiknya tak perlu buru-buru minum berbagai macam obat. Pasalnya, ada obat batuk pilek alami yang bisa dicoba.

Selain ampuh meredakan gejalanya, obat batuk pilek alami ini mudah ditemukan di rumah sehingga tak perlu repot pergi ke apotek atau pergi berobat.

Perlu diketahui, batuk dan pilek terjadi karena serangan virus yang mengiritasi sistem pernapasan bagian atas, mulai dari saluran hidung, tenggorokan, sampai paru-paru.

Iritasi pada sistem pernapasan ini menimbulkan lendir, dahak, sampai peradangan. Namun, virus sejatinya tidak akan bertahan lama di tubuh selama imun tubuh dalam kondisi yang baik.

Maka dari itu, cobalah obat batuk pilek alami yang bisa meredakan sampai memulihkan diri lebih cepat dari serangan virus penyebab batuk dan pilek tersebut.

Melansir dari Healthline, berikut 9 obat batuk pilek alami yang bisa Anda coba di rumah.

1. Konsumsi makanan dan minuman hangat

Cara agar batuk pilek cepat sembuh adalah dengan memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh agar sel imun bisa menekan virus pergi. Tentunya, Anda perlu mengonsumsi makanan dan minuman yang bernutrisi.

Namun selain itu, perlu juga konsumsi makanan dan minuman yang hangat, misalnya sup sayur, kaldu ayam, teh herbal, dan minuman hangat lainnya.

Makanan dan minuman hangat bisa menambah kelembapan sekaligus meredakan tenggorokan dan hidung yang gatal. Selain itu, minuman hangat membuat tubuh terhidrasi dengan baik.

2. Banyak minum air putih

Close-up of a woman's hand holding a cup of hot water, vintage tone.Ilustrasi. Obat batuk pilek alami, makanan dan minuman hangat (Foto: iStockphoto/kenzaza)

Boleh dibilang air putih merupakan obat flu dan batuk terbaik. Hal itu karena ketika batuk pilek, tubuh perlu terhidrasi lebih dari biasanya.

Nah, jika biasanya Anda dianjurkan minum air putih 8 gelas per hari, Anda bisa menambah 1-2 gelas agar tubuh semakin terhidrasi. Selain itu, Anda juga bisa mengonsumsi air putih hangat agar tenggorokan lebih nyaman.

3. Gunakan humidifier dan minyak esensial

Humidifier adalah alat penghasil uap yang bisa membuat udara di suatu ruangan jadi lebih lembap sehingga tak kering. Sebab udara yang kering kurang baik untuk batuk pilek.

Selain itu, uap yang dihasilkan bisa melonggarkan lendir di tenggorokan dan hidung sehingga memudahkan Anda bernapas dan membuat istirahat jadi lebih nyaman.

Anda juga bisa menambahkan minyak esensial ke dalam cairan humidifier agar uap yang dihasilkan memiliki aroma yang melegakan.

Cobalah minyak esensial dengan aroma kayu manis, peppermint, kayu putih, thyme, lemon, dan oregano yang cocok untuk melegakan hidung yang sedang pilek.

Studi menemukan penggunaan minyak esensial semacam ini bisa memperlambat atau menghentikan penggandaan virus penyebab batuk dan pilek.

4. Konsumsi rempah

Shot of an assortment of spicesIlustrasi. Obat batuk pilek alami, salah satunya konsumsi rempah (Foto: istockphoto/Rowan Jordan)

Obat batuk pilek alami selanjutnya adalah rempah, mulai dari thyme, kunyit, bawang putih, jahe, sampai akar marshmallow. Pasalnya, banyak rempah-rempahan yang mengandung senyawa bersifat anti-inflamasi yang mampu mengurangi pembengkakan pada tenggorokan.

Selain itu, rempah-rempah juga kaya akan antioksidan yang bisa membantu meningkatkan sistem kekebalan dalam tubuh. Anda bisa mengonsumsi rempah dengan menambahkannya ke teh atau masakan.

5. Inhalasi uap

Tak hanya humidifier, Anda juga bisa menambah kelembapan tubuh dengan inhalasi uap. Caranya, rebus air sampai mendidih, lalu hirup uap hangat yang dihasilkan dari air yang sudah matang.

Lakukan hal ini selama 2-3 menit. Namun perlu ingat, jangan sampai uapnya terlalu panas karena bisa mengiritasi kulit wajah. Anda bisa menambahkan handuk ke atas kepala dan mangkuk air hangat Anda agar uap tidak mengiritasi kulit.

6. Makan nanas

Ilustrasi Buah NanasIlustrasi. Obat batuk pilek alami, salah satunya makan nanas (Foto: olgakr/Thinkstock)

Obat batuk pilek alami berikutnya adalah makan nanas. Alasannya karena nanas memiliki kandungan bromelain, enzim yang bersifat anti-inflamasi sehingga bisa mengurangi iritasi pada tenggorokan.

Selain itu, bromelain bisa memecah lendir. Anda bisa makan nanas secara utuh maupun dengan dihaluskan menjadi jus.

7. Konsumsi yoghurt

yogurtIlustrasi. Obat batuk pilek alami, salah satunya yoghurt (Foto: iStockphoto/kirin_photo)

Yoghurt juga bisa menjadi opsi untuk pulih dari batuk dan pilek karena mengandung probiotik, bakteri baik yang dapat meningkatkan bakteri di usus.

Hal ini memang tidak memulihkan Anda dari batuk dan pilek secara langsung, tetapi bisa menambah sistem imun tubuh, sehingga bisa melawan infeksi dari virus. Selain pada yoghurt, probiotik bisa ditemukan di miso, asinan kubis, dan kimchi.

8. Kumur air garam

Seperti dilansir dari Healthline, air garam dapat menenangkan jaringan yang meradang dan membuat penyembuhan lebih cepat. Selain itu, air garam juga bisa membunuh bakteri di mulut dan tenggorokan.

Studi menyatakan berkumur air garam tiga kali sehari bisa mengurangi durasi batuk, suara serak, bersin, dan hidung tersumbat. Caranya, campurkan air setengah gelas dengan 1 sendok teh garam, lalu berkumurlah.

9. Konsumsi mineral seng dan zinc

Perbanyak konsumsi makanan yang mengandung seng dan zinc. Kedua mineral ini bisa membantu tubuh memproduksi sel darah putih untuk melawan virus. Dengan begitu, gejala pilek bisa mereda.

Obat batuk pilek alami ini bisa memperlambat penyebaran dan kembang biak virus. Makanan yang kaya mineral seng dan zinc, yaitu daging merah, kacang-kacangan, buncis, susu, telur, hingga kacang polong.

Itulah beberapa obat batuk pilek alami. Semoga dapat bermanfaat. 

(uli/juh/fef)


[Gambas:Video CNN]
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER