HARI TERSENYUM SEDUNIA

10 Manfaat Tersenyum Bagi Kesehatan: Healing Jiwa Raga

tim | CNN Indonesia
Jumat, 07 Okt 2022 06:54 WIB
Tahukah Anda bahwa setiap Jumat pertama di bulan Oktober adalah Hari Tersenyum Sedunia? Apa sih manfaat senyum? Tahukah Anda bahwa setiap Jumat pertama di bulan Oktober adalah Hari Tersenyum Sedunia? Apa sih manfaat senyum? (iStockphoto/Deagreez)
Jakarta, CNN Indonesia --

Tahukah Anda bahwa setiap Jumat pertama di bulan Oktober adalah Hari Tersenyum Sedunia?

Sejak diperingati pertama kali pada 1999, Hari Tersenyum Sedunia rutin dirayakan untuk mendorong orang-orang untuk tersenyum, mencapai impian, dan melakukan tindakan kebaikan.

Tersenyum adalah sesuatu yang alami bagi kebanyakan orang. Jika Anda merasakan kegembiraan tentang situasi tertentu, maka hal pertama yang akan muncul di wajah Anda adalah senyuman.

Pasalnya, senyum dapat memengaruhi tubuh dan pikiran dalam berbagai cara positif. Selain itu, senyuman juga menawarkan berbagai manfaat bagi kesehatan, suasana hati, bahkan suasana hari orang-orang sekitar Anda.

Mengutip berbagai sumber, berikut manfaat tersenyum bagi kesehatan.

1. Panjang umur

Sebuah studi menemukan bahwa senyum yang tulus dikaitkan dengan umur yang lebih panjang. Penelitian juga menunjukkan bahwa kebahagiaan dapat memanjangkan umur dari tahun ke tahun. Hal ini menunjukkan bahwa mempertahankan suasana hati yang bahagia dan positif mungkin merupakan bagian penting dari gaya hidup sehat.

2. Menghilangkan stres

Tersenyum tidak hanya membantu mencegah terlihat lelah, lesu dan kewalahan, tersenyum juga dapat membantu mengurangi stres. Saat Anda stres, cobalah senyum. Tersenyum dapat membantu meningkatkan suasana hari dan kemampuan untuk mengelola stres yang Anda alami.

3. Meningkatkan suasana hati

Tersenyum mengaktifkan jalur di otak yang memengaruhi keadaan emosional. Artinya, dengan mengadopsi ekspresi bahagia, Anda dapat "menipu" pikiran untuk merasakan kebahagiaan.

Senyum dapat memicu pelepasan neuropeptida yang meningkatkan komunikasi saraf. Hal ini juga menyebabkan pelepasan neurotransmiter seperti dopamin dan serotonin, yang dapat meningkatkan suasana hati.

HALAMAN :
1 2
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER