Simak Beda Gejala Covid-19 pada Orang yang Sudah Vaksin dan Belum

CNN Indonesia
Jumat, 02 Des 2022 05:11 WIB
Gejala Covid-19 akan saling berbeda pada masing-masing status vaksinasi. Berikut perbedaannya. Ilustrasi. Pilek, salah satu gejala umum Covid-19. (iStockphoto/evrim ertik)
Jakarta, CNN Indonesia --

Belakangan ini, angka kasus konfirmasi positif Covid-19 di Indonesia terus mengalami peningkatan.

Sayangnya, di tengah peningkatan ini, masih banyak masyarakat yang belum melengkapi vaksinasi. Padahal, status vaksinasi berpengaruh terhadap tingkat keparahan gejala yang dialami akibat Covid-19.

Gejala Covid-19 pada orang yang telah mendapatkan vaksin dan belum saling berbeda satu sama lain. Bagaimana bedanya?

Perlu diketahui, vaksinasi dilakukan bukan untuk mencegah infeksi virus corona penyebab Covid-19. Vaksinasi diberikan untuk membantu pasien meredam tingkat keparahan penyakit atau gejala yang ditimbulkan.

Gejala infeksi Covid-19 yang ditimbulkan akan saling berbeda pada orang dengan masing-masing status vaksinasi. Hal ini ditemukan dalam sebuah penelitian berbasis aplikasi Zoe Health Study.

Mengutip Everyday Health, sebuah studi yang mengidentifikasi gejala Covid-19 menemukan bahwa gejala yang ditimbulkan kini memang sangat mirip dengan flu, terutama pada infeksi yang disebabkan oleh varian Omicron.

Tak hanya itu, studi tersebut juga menemukan adanya perbedaan gejala Covid-19 berdasarkan status vaksinasi.

Pada dasarnya, orang yang telah melakukan vaksin lengkap atau dua dosis melaporkan lebih sedikit gejala. Mereka juga melaporkan bahwa gejala yang dirasakan menghilang dalam waktu yang lebih singkat.

Kemudian, gejala demam juga umumnya tidak dilaporkan pada pasien positif Covid-19 yang telah mendapatkan vaksin lengkap tanpa booster.

Beda Gejala Covid-19 pada Orang yang Sudah Vaksin dan Belum

Asian beautiful girl in pajamas feel sick while sit on bed in bedroom. Attractive sleep young woman cover her mouth, feeling bad with fever and coughing after wake up on bed in the morning at home.Ilustrasi. Batuk, salah satu gejala Covid-19 yang paling umum. (iStockphoto/Kiwis)

Studi ini mengelompokkan gejala Covid-19 ke dalam tiga kategori status vaksinasi, yaitu pada orang yang telah mendapatkan dua dosis vaksin, satu dosis vaksin, dan belum mendapatkan suntikan vaksin.

1. Sudah Mendapatkan Dua Dosis Vaksin

- sakit tenggorokan,
- pilek,
- hidung tersumbat,
- batuk terus-menerus,
- sakit kepala.

Para peneliti juga melaporkan bersin sebagai salah satu gejala. Seseorang disarankan untuk melakukan uji swab PCR atau antigen jika mengalami bersin menerus tanpa penyebab yang jelas.

2. Sudah Mendapatkan Satu Dosis Vaksin

- sakit kepala,
- pilek,
- sakit tenggorokan,
- bersin,
- batuk terus-menerus,

3. Belum Vaksinasi

- sakit kepala,
- sakit tenggorokan,
- pilek,
- demam,
- batuk terus-menerus.

Demikian beda gejala Covid-19 pada orang yang sudah vaksinasi dan belum.

(del/asr)


[Gambas:Video CNN]
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER