Resep Es Krim Sendiri di Rumah, Mudah dan Selembut Mixue

tim | CNN Indonesia
Sabtu, 07 Jan 2023 15:31 WIB
Anda bisa membuat es krim seenak dan selembut jenama asal Tiongkok, Mixue tanpa perlu alat pembuat es krim khusus. Anda bisa membuat es krim seenak dan selembut jenama asal Tiongkok, Mixue tanpa perlu alat pembuat es krim khusus. (Renee Comet/Wikimedia Commons)
Jakarta, CNN Indonesia --

Brand es krim Mixue belakangan ramai dibicarakan berkat kelihaiannya mengisi kekosongan ruko. Sebenarnya Anda bisa membuat es krim seenak dan selembut jenama asal Tiongkok ini tanpa perlu alat pembuat es krim khusus.

Es krim memang salah satu 'comfort food' yang digemari banyak orang. Tanpa perlu beli, Anda bisa membuat es krim enak nan lembut di rumah asal tahu rahasianya.

"Apa pun yang Anda lakukan, jangan pernah melewatkan lemak. Bikin es krim rumahan tidak pas saat diet. Anda perlu full fat cream untuk menciptakan es krim lembut," jelas koki Kris Hoogerhyde seperti dilansir dari Real Simple.

Seperti dilansir dari berbagai sumber, berikut resep es krim rumahan sederhana yang tidak kalah dari es krim Mixue.

Bahan membuat es krim sendiri di rumah: 

462 g heavy whipping cream
85 g whipping cream
360 ml susu full cream
120 g gula
2 sendok makan ekstrak vanila

Alat:

Wadah tahan panas untuk membekukan es krim
Mangkuk besar
Sendok
Mixer

Cara membuat Es krim : 

1. Siapkan wadah untuk membekukan es krim. Wadah ini biasanya terbuat dari kaca tahan panas sehingga aman untuk diletakkan di freezer. Letakkan wadah dalam freezer sembari meracik adonan es krim.

2. Dalam mangkuk besar, campur semua bahan. Pastikan semua tercampur rata terutama gula.

3. Tuang adonan pada wadah yang sudah dibekukan lalu kembalikan ke freezer dan bekukan selama 20-30 menit. Selama itu, kalau sudut-sudut campuran mulai membeku, maka keluarkan dan aduk menggunakan mixer. Seperti dilansir dari Taste of Home, langkah ini akan membuat es krim semakin lembut.

4. Bekukan adonan selama 30 menit lalu ulangi proses yang sama. Lakukan sampai adonan padat dan beku, biasanya ini memakan sekitar 5 kali sesi. ketika sudah beku, campuran akan lembut dan 'creamy'.

5. Es krim siap disajikan dengan topping favorit seperti coklat leleh, meses, atau biskuit yang dihancurkan.

(els/chs)
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER