7 Makanan yang Menyebabkan Kanker, Apa Saja?

CNN Indonesia
Jumat, 20 Jan 2023 17:00 WIB
Berikut jenis makanan yang dapat menyebabkan kanker. Kanker dapat muncul jika makanan-makanan ini dikonsumsi dalam jumlah banyak dan sering. Ilustrasi. Berikut jenis makanan yang dapat menyebabkan kanker. Kanker dapat muncul jika makanan ini dikonsumsi dalam jumlah banyak dan sering. (iStockphoto/AlexPro9500)
Jakarta, CNN Indonesia --

Kanker merupakan penyakit yang dapat muncul akibat gaya hidup tak sehat, salah satunya makan makanan yang menyebabkan kanker.

Melansir Healthline, sebenarnya Anda tidak akan langsung mengidap kanker hanya karena makan beberapa makanan tersebut.

Namun, kanker dapat muncul jika makanan-makanan tersebut dikonsumsi dalam jumlah yang banyak dan frekuensi yang sering.

Beberapa makanan ini dapat meningkatkan risiko terkena penyakit diabetes tipe-2 dan obesitas. Kedua hal ini selanjutnya dapat memicu kanker.

Selain itu, beberapa makanan lainnya memiliki kandungan karsinogen yang tinggi. Karsinogen adalah zat berbahaya yang dapat menyebabkan kanker, khususnya bagi orang yang memiliki genetika tertentu.

Berikut tujuh makanan yang dapat menyebabkan kanker.

1. Daging olahan

Daging olahan merupakan daging merah yang diawetkan, baik dengan teknik pengasapan, pengasinan, pengawetan, hingga pengalengan. Contohnya, sosis, salami, kornet, dendeng, dan lainnya.

Metode dalam pembuatan daging olahan membuat makanan ini memiliki kandungan karsinogen. Maka dari itu, makan daging olahan dapat meningkatkan risiko kanker, mulai dari kanker perut, payudara, hingga kolorektal.


2. Makanan yang digoreng

Ilustrasi waffle friesIlustrasi. Makanan yang digoreng termasuk makanan yang dapat menyebabkan kanker (iStock/bhofack2)

Makanan yang digoreng baik yang mengandung tepung seperti gorengan atau tanpa tepung seperti kentang dan keripik kentang, berpotensi mengandung senyawa akrilamida karena proses penggorengan.

Senyawa ini juga bisa terbentuk karena proses baking, roasting, dan toasting. Penelitian menunjukkan akrilamida bersifat karsinogenik yang dapat merusak DNA dan menginduksi apoptosis atau kematian sel.

Dengan begitu, sering mengonsumsi makanan yang digoreng dapat meningkatkan risiko diabetes tipe-2, obesitas, stres oksidatif, hingga peradangan yang dapat berujung kanker.


3. Makanan yang terlalu matang

Makanan yang menyebabkan kanker berikutnya adalah makanan yang terlalu matang ketika dimasak, khususnya daging karena dapat membentuk karsinogen yang dapat meningkatkan risiko terkena kanker dan mengubah DNA Anda.

Untuk mengurangi risiko ini, cobalah memasak dengan api atau suhu rendah. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan slow cooker yang dapat menghasilkan masakan yang lebih empuk, tetapi tidak menggunakan suhu tinggi sehingga makanan tidak terlalu matang.


4. Gula dan karbohidrat olahan

Kanker juga dapat muncul jika Anda sering mengonsumsi gula dan karbohidrat olahan. Contohnya minuman yang menggunakan pemanis buatan, makanan yang dipanggang, pasta putih, roti putih, nasi putih, dan sereal manis.

Studi menunjukkan konsumsi makanan ini meningkatkan peradangan dan stres oksidatif yang dapat meningkatkan risiko jenis kanker tertentu, seperti kanker ovarium, payudara, hingga endometrium atau rahim.

Selain itu, konsumsi gula dan karbohidrat olahan dapat meningkatkan kadar glukosa darah tinggi sehingga meningkatkan risiko kanker kolorektal.

Sebaiknya, Anda mulai mengurangi konsumsi gula dan karbohidrat olahan dengan mengonsumsi alternatif lain, seperti roti gandum, pasta gandum, hingga beras merah.


5. Makanan dengan pewarna buatan

Mengutip Dr. Spar, makanan dengan pewarna buatan juga dapat memicu kanker. Sebab, makanan dengan pewarna juga mengandung karsinogenik yang rentan memicu kanker.


6. Salmon hasil budidaya

Ilustrasi daging salmonIlustrasi. Salmon hasil budidaya termasuk makanan yang dapat menyebabkan kanker karena kandungan PCB-nya (FoodiesFeed/Jakub Kapusnak)

Studi menunjukkan ikan salmon hasil budidaya rentan mengandung 8-16 kali poliklorinasi bifenil (PCB) daripada salmon yang hidup liar.

Dikutip dari laman Livestrong, PCB adalah senyawa klorin organik yang sering digunakan sebagai minyak olahan. Senyawa ini terkenal cukup beracun dan dapat membahayakan kesehatan dan dapat memicu kanker.


7. Produk susu

Produk susu seperti keju dan yoghurt rupanya juga merupakan makanan yang menyebabkan kanker. Sebab, konsumsi produk susu meningkatkan insulin yang dapat memicu proliferasi atau produksi sel kanker prostat.

(uli/fef)


[Gambas:Video CNN]
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER