Artis dan Kanker

Ketika Sang Wolverine Peduli Kanker

Yohannie Linggasari, CNN Indonesia | Rabu, 29/10/2014 13:45 WIB
Ketika Sang Wolverine Peduli Kanker Hugh Jackman (Getty Images/Tim P. Whitby)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sudah bukan rahasia jika aktor Hugh Jackman bergulat dengan kanker kulit. Pemeran Wolverine dalam film X-Men: Days of Future Past itu berjuang dengan berbagai pengobatan dan perawatan. Baru saja, ia menjalani perawatan kulit medis untuk ketiga kalinya dalam setahun belakangan.

Aktor berusia 46 tahun itu pernah dirawat karena mengalami kanker kulit dengan jenis sel basal, November 2013. Perawatan yang sama ia lakukan pada Mei tahun ini. Seperti diberitakan CBS, dalam perawatan kedua itu, Jackman sempat mempublikasikan foto di akun Instagram-nya.

Ia terlihat mengenakan perban di hidung. Melalui unggahan fotonya, Jackman memastikan agar para penggemarnya tidak terjerumus dalam penyakit yang sama. Ia mengimbau para penggemarnya agar tidak bodoh sepertinya. Menurut Jackman, kanker kulit seharusnya bisa dicegah dengan menggunakan tabir surya.


Penyakit itu juga bisa sembuh jika dideteksi lebih dini. Beruntung, Jackman segera menyadarinya. Semangat sembuhnya juga cukup tinggi. Itu terlihat dari foto-foto yang ia unggah ke akun Instagram. Dari foto-foto itu, Jackman seakan berpesan agar tak menyepelekan soal kulit.

Berkat perawatan demi perawatan yang dilakukan, dikabarkan kini Jackman dalam kondisi baik.

Bukan hanya memberi edukasi lewat pengalamannya sendiri, bapak dua anak itu juga menuangkan kepeduliannya akan kanker lewat kegiatan positif. Oktober lalu, suami produser asal Australia, Deborra-Lee Furness itu ambil bagian dalam "Crotch Grab Challenge", untuk meningkatkan kesadaran akan kanker testis.

Jackman dikenal sebagai aktor Hollywood, juga penyanyi dan penari Broadway. Kanker kulit tidak mencegahnya berprestasi. Ia memenangi penghargaan Tony Award pada 2004 karena perannya dalam The Boy from Oz. Ia juga masih akan mengambil peran dalam drama The River.

Menorehkan kebanggaan di bidang film memang tak sulit bagi Jackman. Ia pernah memenangi Golden Globe atas aktinya sebagai Jean Val Jean dalam film Les Miserables keluaran 2012.