Kampanye Capres Donald Trump Digoyang Isu Sengketa Musik

Rizky Sekar Afrisia, CNN Indonesia | Rabu, 17/06/2015 19:20 WIB
Kampanye Capres Donald Trump Digoyang Isu Sengketa Musik Donald Trump mencalonkan diri sebagai presiden. (REUTERS/Sam Goresh)
Jakarta, CNN Indonesia -- Donald Trump mencalonkan diri sebagai presiden Republik. Namun banyak reaksi negatif atas dirinya. Termasuk dari Neil Young, yang merasa musiknya digunakan sang konglomerat tanpa izin saat merilis kampanye sebagai bakal capres Amerika Serikat.

Lagu yang dimaksud Young berjudul Rockin' In The Free World. Seperti dikutip Telegraph, Young mengatakan, "Donald Trump tidak berhak menggunakan Rockin' In The Free World saat pengumuman kandidat presidennya."

Namun di sisi lain, juru bicara kampanye mengatakan bahwa tim Trump telah membayar sehingga berwenang memainkan rekaman lagu Rockin' In The Free World itu selama kampanye. Ia punya perjanjian lisensi dengan American Cosiety of Composers, Authors and Publishers.


"Lagipula, kami tidak akan menggunakannya lagi. Ada banyak lagu yang bisa dipilih. Di luar perbedaan pandangan politik dengan Neil, Mr. Trump sangat menyukainya," ujar si jubir. Young, pria asal Kanada itu memang lebih mendukung Senator Vermont, Bernie Sanders.

Young tinggal di California. Pria 69 tahun itu dua kali masuk Rock and Roll Hall of Fame.

Kasus sengketa musik antara Young dan Trump bukan pertama kali dalam sejarah pencalonan presiden. Sebelumnya sudah ada beberapa calon yang juga berkonflik soal itu, seperti Presiden Ronald Reagan dan Gordon Brown.

Mengutip Telegraph, Reagan membuat marah Bruce Springsteen karena menggunakan lagu Born dalam kampanyenya pada 1984.

"Saya pikir orang perlu merasa nyaman tentang negara yang ditinggalinya. Tapi apa yang terjadi, saya pikir, kebutuhan itu dimanipulasi dan dieksploitasi. Anda lihat itu dalam iklan pemilihan Reagan di TV," kata Springsteen.

Jackson Browne juga pernah berkonflik dengan John McCain karena menggunakan lagu Running on Empty selama kampanye presiden pada 2008.

(rsa/rsa)